Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabar Terbaru Pembangunan Tiga Pelintasan Satwa Liar di Tol Sibanceh

Project Director Tol Sibanceh Slamet Sudrajat mengatakan, terdapat tiga bagian pelintasan di tol pertama Bumi Serambi Mekkah yakni, gajah, reptil, hingga primata.

Untuk pelintasan gajah, saat ini tersisa pekerjaan untuk pengangkatan balok jembatan, lokasinya berada di Km 13+755 hingga 13+871.

Untuk pelintasan ini menggunakan produk beton tulang pracetak berbentuk segi empat untuk reptil di Km 10+000 hingga 15+100.

"Kemudian, kalau untuk pelintsan reptil, itu sudah terbangun ada 10 lokasi ya. Jadi, ada box culvert (gorong-gorong) yang didesain khusus di lantai dasarnya," ucap Slamet kepada Tim Merapah Trans-Sumatera Kompas.com di Aceh, Senin (28/11/2022).

Desain khusus pelintasan reptil ini sesuai arahan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

"Menetapkan lokasinya nanti pelintasan primata itu nanti lokasinya di sini, di sini. Tapi, kalau di lapangan sudah kelihatan lah ada di mana, hanya itu kewenangan BKSDA," tambahnya.

Sejauh ini, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), termasuk Sibanceh, tengah menggenjot penyelesaian tiga seksi terakhir tol tersebut.

Ketiga seksi yang dimaksud adalah Seksi 1 Padang Tidji-Seulimeum, Seksi 5 Blang Bintang-Kutobaro, Seksi 6 Kutobaro-Simpang Baitussalam.

Sementara tiga seksi lainnya kini telah beroperasi yaitu Seksi 2 Seulimeum-Jantho, Seksi 3 Jantho-Indrapuri, serta Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/03/140000921/kabar-terbaru-pembangunan-tiga-pelintasan-satwa-liar-di-tol-sibanceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke