Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Program Kementerian PUPR, Anjungan TMII Ditata Masing-masing Pemda

Sebab, penataan anjungan belum termasuk dalam program renovasi TMII oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman mengatakan hal ini usai press tour kunjungan kerja (kunker) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (28/9/2022).

"Belum ada program kita, karena memang anjungan itu minta bantuan ke Pemda masing-masing. Karena, ada kekhususan atau khas masing-masing daerah," terang Gani.

Sejauh ini, renovasi TMII sudah hampir selesai dan ditargetkan akan dibuka untuk perhelatan Presidensi G20 pada 6 Oktober 2022 mendatang.

Gani menjelaskan, masyarakat bisa menggunakan TMII secara bertahap setelah perhelatan G20 selesai.

Namun demikian, dia belum mengetahui kapan tanggal pembukaan TMII kepada publik setelah direnovasi.

Melansir dari laman resmi Kementerian PUPR, luas area pekerjaan renovasi TMII meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektar dan kawasan seluas 26,56 hektar.

Zona 1 bertema Indonesia Klasik 'elegan dan geometri yang meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila dan Keong Mas.

Selain itu, juga ada penataan Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM yang termasuk dalam zona 1.

Zona 2 bertema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur, mencakup penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelago.

Sementara Zona 3 bertema Indonesia Kini Modern meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/29/170000921/bukan-program-kementerian-pupr-anjungan-tmii-ditata-masing-masing-pemda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke