Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Minta SMF Lakukan Beragam Inovasi di Sektor Perumahan

Hal tersebut ia sampaikan saat melantik anggota direksi baru PT SMF, Bonai Subiakto di Aula Mezzanie Sekretariat Jenderal Kemenkeu, Jakarta Pusat, pada Rabu (27/7/2022).

“Para Direksi SMF harus tmelakukan inovasi serta terobosan sesuai perluasan mandat yang telah diberikan oleh Pemerintah untuk membangun sektor perumahan dan kemampuan daya beli masyarakat dalam membeli rumah,” ujar Menkeu.

Menurunya, SMF dibentuk sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang memiliki tugas untuk mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

Kerja dari SMF akan membantu pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan rumah yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat.

Karena itu, pemerintah menciptakan berbagai macam instrument fiskal (fiscal tools) dalam rangka mendorong kemampuan masyarakat berpendapat rendah mendapatkan perumahan.

“Pemerintah harus mencapai tujuan untuk menyediakan papan yang baik bagi masyarakat terutama mereka yang tidak mampu. Peran SMF di sini adalah fiscal tools Pemerintah,” jelasnya.

Selanjutnya Menkeu meminta kepada SMF untuk melakukan diversifikasi produk pembiayaan sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan diberikan kewenangan untuk membuat creative financing, kita berharap akan muncul berbagai financing yang bisa menjangkau lebih luas dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi namun tetap prudent,” tambahnya.

Menkeu juga berpesan agar para Direksi bisa membangun kerjasama dengan berbagai pihak dan mengedepankan prinsip kehati-hatian, penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko yang terukur dengan berpedoman pada Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP).

Tak lupa, Menkeu menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada SMF yang sudah memasuki usia 17 tahun.

“Saya harap dengan bertambahnya usai, SMF dapat terus tumbuh dan berkembang mendukung ekosistem perumahan dan industri KPR. Kepada seluruh insan SMF saya minta agar dapat menjaga integritas dalam bekerja dan mengedepankan profesionalisme dalam berkarya untuk kesejahteraan ma

Sebagai informasi, Bonai Subiakto dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 284/KMK.06/2022, tanggal 27 Juli 2022.

Bonai diangkat sebagai Direktur Keuangan dan Operasional baru menggantikan Direktur yang sebelumnya menjabat yaitu Trisnadi Yulrisman, yang masa jabatannya berakhir pada 11 Mei 2022.

Dengan demikian susunan Direksi SMF yang baru yaitu Ananta Wiyogo sebagai Direktur Utama, Heliantopo sebagai Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan, dan Bonai Subiakto sebagai Direktur Keuangan dan Operasional.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/28/091500321/sri-mulyani-minta-smf-lakukan-beragam-inovasi-di-sektor-perumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke