Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek di Sini, Harga Lahan Industri di Sekitaran Jakarta dan Surabaya

Apalagi harga lahan industri juga dipengaruhi aksesibilitas menuju infrastruktur transportasi hingga jarak dengan sumber bahan baku.

Kondisi itupun berlaku terhadap lahan industri di sekitaran Jakarta dan Surabaya. Wilayah yang berada di kedua kota metropolis ini kerap menjadi jujukan pengembang industri.

Lantas, berapa harga lahan industri di sekitaran Jakarta dan Surabaya?

Apabila merujuk laporan Colliers Indonesia berjudul Kondisi Pasar Properti Jakarta-Surabaya-Bali pada Kuartal 2-2022, terdapat kisaran harga lahan industri di dua wilayah tersebut.

Menyoal di sekitaran Jakarta, data lahan industri terdiri dari lima wilayah. Karawang, Serang, Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Untuk Karawang, rata-rata harga lahan industri sedikit di atas 150 Dolar AS atau setara Rp 2,25 juta (kurs Rp 15.007) per meter persegi.

Kemudian di Serang, berkisar di atas 100 Dolar AS atau setara Rp 1,5 juta (kurs Rp 15.007) per meter persegi.

Di sisi lain, rerata harga lahan industri di Tangerang mendekati 200 Dolar AS atau setara Rp 3 juta (kurs Rp 15.007) per meter persegi.

Sementara, di Bekasi sedikit di atas 200 Dolar AS atau setara Rp 3 juta (kurs Rp 15.007) per meter persegi.

Terakhir di Bogor, rata-rata harga lahan industrinya hampir mendekati 300 Dolar AS atau setara Rp 4,5 juta (kurs Rp 15.007) per meter persegi.

Beralih ke wilayah sekitaran Surabaya, laporan Colliers Indonesia mengkategorikan menjadi tiga kawasan. Meliputi pusat, selatan, dan utara.

Pusat mencakup daerah Surabaya. Sementara selatan meliputi Mojokerto, Ngoro, Pasuruan, dan Sidoarjo. Lalu utara meliputi Gresik dan Tuban.

Adapun rerata harga lahan industri di area pusat Surabaya antara Rp 6,5 juta-Rp 7,5 juta per meter persegi.

Selanjutnya di wilayah selatan Surabaya, berkisar antara Rp 1,5 juta-Rp 5 juta per meter persegi.

Terakhir di wilayah utara Surabaya, rata-rata harga lahan industri dipatok mulai Rp 1,35 juta-Rp 3,5 juta per meter persegi.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/14/100000021/cek-di-sini-harga-lahan-industri-di-sekitaran-jakarta-dan-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke