Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Atap Miring Bisa Kurangi Hawa Panas dan Alirkan Air Hujan

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (18/2/2022), Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya mengatakan bahwa bentuk atap miring sangat cocok untuk iklim tropis.

Atap miring mampu menahan dan mengurangi hawa panas masuk ke dalam rumah, sehingga mampu membuat suhu ruangan tetap sejuk.

Selain itu, material atap miring yang ringan tersebut dapat membuat beban atap rumah menjadi jauh lebih ringan.

Bentuknya yang miring juga memungkinkan air hujan untuk langsung jatuh ke bawah tanah serta mengalir dengan cepat dan mudah.

Kemampuan ini bisa meminimalisir penumpukan air di atap yang bisa memberikan risiko kebocoran rumah.

“Atap miring itu cocok untuk iklim tropis, atap miring ini biasanya disebut juga tipe perisai atau pelana. Salah satu manfaat atau fungsinya itu bisa menahan dan mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan,” jelas Bambang kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Sementara itu, melansir A1 Everlast, penyebab atap miring bisa membuat suhu rumah menjadi lebih dingin adalah dikarenakan ventilasi alami di bawah lapisan atap.

Ventilasi antar lapisan atap tersebut mampu menghilangkan udara dingin dan kelembapan dari ruang atap selama musim hujan dan mengeluarkan udara panas dari ruang selama musim kemarau.

Tidak hanya itu, penggunaan atap miring juga akan menghabiskan lebih sedikit biaya perawatan karena risiko kebocoran telah diminimalisir.

Jenis desain atap miring memungkinkan pemasangan dan pemeliharaan sistem mekanis, seperti instalasi panel surya sebagai sumber energi tambahan.

Ini memberikan fleksibilitas saat memasang panel surya dan sistem mekanis lainnya karena saluran kerja dan komponen penting lainnya dapat dipasang ke loteng.

Sedangkan bagi pemilik rumah yang ingin menambah ruang pada rumah yang berukuran tidak begitu besar, atap miring bisa disulap menjadi ruang tambahan, seperti loteng.

Ruangan ini dapat membantu menciptakan ruang tamu yang hagat dan penuh cahaya yang tidak dapat dicapai jika rumah menggunakan atap datar.

 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/19/130000321/manfaat-atap-miring-bisa-kurangi-hawa-panas-dan-alirkan-air-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke