Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Pelabuhan di Sumatera Utara Segera Diresmikan Presiden, Apa Saja?

Ketujuh pelabuhan tersebut yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Simanindo di Kabupaten Samosir, Tigaras di Kabupaten Simalungun, Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Tongging di Kabupaten Karo.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dibangunnya tujuh pelabuhan ini bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. 

Budi telah mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya.

"Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” kata Budi dalam keterangannya, Selasa (01/02/2022). 

Menurutnya pelabuhan-pelabuhan penyeberangan ini dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba.

Keberadaan pelabuhan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar-wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya.

Budi mengungkapkan, ketujuh pelabuhan ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara bertahap. 

Total ada 13 pelabuhan yang dibangun di Sumatera Utara. Selain tujuh pelabuhan yang sudah selesai masih ada lima pelabuhan sisanya yang dalam tahap pembangunan.

Mereka adalah Pelabuhan Penyeberangan Silalahi di Kabupaten Dairi, Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan di Kabupaten Samosir, Sigapiton dan Porsea di Kabupaten Toba. 

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan.

Empat kapal akan diresmikan yaitu dua unit bus air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora.

Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/01/123000421/7-pelabuhan-di-sumatera-utara-segera-diresmikan-presiden-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke