Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terpilih Jadi Ketua IAI Jakarta, Begini Rencana Kerja Doti Windajani

Namun, sebelum memulai program, dia menargetkan sudah melakukan konsolidasi dengan stakeholders profesinya.

"Seperti pemerintah provinsi (Jakarta), institusi pendidikan dan komunitas," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

Secara umum, rencana kerja ke depannya ialah meningkatkan kompetensi anggota dalam merespon kompleksitas isu pranata keprofesian serta isu tata bangunan dan perkotaan.

"Tantangan profesi arsitek ke depan cukup kompleks," ujar perempuan yang juga Prinsipal Quadratura Indonesia itu.

Seperti halnya soal isu internal keprofesian, menyusul telah terbitnya Undang-undang (UU) Arsitek Nomor 6 Tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek.

"Meningkatkan dan memelihara kompetensi anggota IAI Jakarta adalah salah satu prioritas utama untuk memenuhi syarat Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) dan Lisensi," terangnya.

Selain itu, anggota juga memiliki kompetensi dalam merespons isu perkotaan dan tata bangunan.

Seperti adaptasi perubahan iklim, ketahanan (resilience) kota, heritage perkotaan, dan ruang sosial yang berkeadilan untuk masyarakat.

IAI Jakarta harus menjadi wadah yang kuat, mampu mendengar, fasilitator untuk maju, dan berkembangnya anggota serta memberikan perlindungan dalam berprofesi.

"Untuk itu sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah provinsi, institusi pendidikan, lembaga dan komunitas perlu ditingkatkan sebagai akselerasi kebijakan yang akan menjadi panduan profesi," ucap Doti.

Sehingga, dia akan mendorong anggotanya untuk berkontribusi aktif untuk kemajuan sesama anggota, asosiasi, masyarakat dan Kota Jakarta.

"Di sisi lain penguatan database backbone profesi menuju society 5.0 perlu diperkuat agar lebih bermanfaat bagi anggota dan masyarakat," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/21/220000521/terpilih-jadi-ketua-iai-jakarta-begini-rencana-kerja-doti-windajani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke