Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Banyak yang Tahu, Ini Enam Kegunaan Backdrop pada Suatu Acara

Backdrop juga banyak digunakan sebagai latar belakang pada acara-acara seperti pernikahan, seminar, pameran, pergelaran dan lain sebagainya. Selain itu, backdrop ini juga bisa dijadikan sebagai media iklan. 

Backdrop biasanya dibuat dengan bahan vinyl atau kertas dinding. Bahan vinyl lebih banyak dipilih karena lebar bahan dan metode printing yang digunakan lebih mudah dalam prosesnya dan cepat dalam proses pemasangannya. 

Pemasanganya bisa langsung ditempelkan pada dinding, mirip seperti branding. Namun sering kali menggunakan rangka baik berbahan besi, aluminium, maupun kayu.

Backdrop berfungsi untuk memberikan nuansa yang pas tentang acara yang sedang dilangsungkan dan elemen penting dalam dokumentasi.

1. Identitas acara

Backdrop dapat mempelihatkan identitas suatu acara yang akan menampilkan headline dan penyelenggara dengan jelas sehingga peserta mengetahui maksud diadakannya acara.

Informasi terpenting yang biasanya paling menonjol dalam sebuah backdrop berupa headline acara dimaksud dan penyelenggaranya serta logo para sponsor.

2. Suasana dan kesan acara

Keberadaan suatu backdrop juga berfungsi untuk menciptakan suasana atau kesan pada suatu acara. Kesan yang dibangun ini tentunya bergantung pada desain backdrop.

Contohnya, suatu acara peluncuran suatu produk baru biasanya akan menampilkan desain backdrop yang dipenuhi keunggulan dan fitur-fitur yang ada di dalam produk.

Sehingga para pengunjung bisa merasakan suasana acara tersebut sesuai dengan tema acara.

3. Media promosi atau iklan

Backdrop bisa dijadikan media untuk mempromosikan atau media iklan dengan cara menampilkan logo produk atau perusahaan pada bagian backdrop.

Hal ini cukup efektif karena backdrop memang media latar yang terpampang dan terlihat jelas. 

Atau juga jika acara yang kamu selenggarakan memang ditujukan untuk mempromosikan suatu produk seperti dalam acara launching, pameran, atau lainnya, penggunaan bacdrop untuk media iklan merupakan hal yang penting.

4. Memperindah tampilan acara

Backdrop juga berfungsi untuk memperindah dekorasi pada suatu acara, karena keberadaannya merupakan salah satu elemen penting dari dekorasi itu sendiri.

Khususnya jika acara yang berlangsung indoor, pemasangan backdrop dengan tata letak dan ruang yang tepat maka akan mampu menjadikan dekorasi acara menjadi lebih menarik.

5. Elemen dokumentasi

Backdrop menjadi elemen yang penting bagi dokumentasi suatu acara karena menampilkan kesan yang jelas terkait acara dalam hasil dokumentasi serta menjadikannya lebih fokus dan menarik.

6. Tempat berfoto

Pada era digital ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan untuk eksis di sosial media sudah dianggap sebagai suatu keharusan.

Biasanya pengunjung/orang yang mengahadiri suatu acara akan memanfaatkan backdrop sebagai tempat berfoto karena dapat memperlihatkan dengan jelas tentang keberadaannya.

Sekarang, hampir setiap penyelanggara sudah menyiapkan backdrop khusus untuk photobooth demi memenuhi kebutuhan dokumentasi para pengunjungnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/09/073000321/tak-banyak-yang-tahu-ini-enam-kegunaan-backdrop-pada-suatu-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke