Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Keliru Menyebut Sofa dengan Couch, Ini Perbedaannya

Secara historis, sofa (couch) dan sofa sedikit berbeda. Kata "sofa" atau couch berasal dari bahasa Perancis "sofa" yang berarti "berbaring".

Sementara "sofa" berasal dari kata Arab "suffah" yang menggambarkan bangku kayu yang empuk.

Sofa ukurannya lebih kecil, sebagai tempat duduk dan biasanya hanya muat hingga dua orang. Sedangkan couch lebih lapang, selain tempat duduk juga bisa digunakan untuk berbaring.

Namun, baik couch maupun sofa, keduanya telah berevolusi dan saat ini istilah tersebut sering digunakan secara bergantian.

Apa itu couch dan sofa?

Sofa adalah furnitur yang dirancang sebagai tempat duduk dua atau maksimal tiga orang. Biasanya dilengkapi dengan sandaran tangan, pelapis, dan bantal.

Couch dirancang untuk memuat tiga hingga empat orang, dengan lapisan lebih lembut dan lebih nyaman dan dapat digunakan untuk tidur.

Fungsi utama dari kedua furnitur ini adalah untuk duduk, tetapi seperti yang pernah kita alami, couch dan beberapa sofa yang lebih besar dapat digunakan sebagai tempat tidur yang baik.

Di rumah, couch paling sering ditempatkan di ruang keluarga dan lorong, tetapi dapat ditemukan di area lain, mulai dari kamar tidur (sofa kecil) hingga ruang makan.

Anda juga dapat menemukannya di kantor, hotel, lobi, ruang tunggu, bar dan kafe.

Mengutip homenish, berikut jenis couch yang paling banyak ditemui:

1. Settee Sofa

Sering kali terlihat antik, diperuntukan untuk dua orang. Dirancang lebih tegak dan lebih ramping daripada sofa biasa dan mengingatkan pada bangku berlapis kain atau dua kursi berlengan yang digabungkan jadi satu.

Karena sempit dan sandaran yang tegak, menjadikannya tidak terlalu nyaman, tapi bisa jadi serbaguna.

2. Chesterfield

Sofa Chesterfield telah memukau banyak orang, dengan lengan digulung yang tingginya sejajar dengan punggung sofa.

Biasanya memiliki rumbai kancing dalam tanpa bantal sofa. Sofa ini dibuat dari kulit dan memiliki desain berlapis.

Generasi keempat dari Chesterfield Inggris, Philip Stanhope (1694-1773), dikatakan pernah memesan sofa Chesterfield yang asli.

Dia menginginkan jenis furnitur yang dia bisa duduk tegak dengan nyaman tanpa membuat jasnya jadi kusut.

3. Loveseat

Kursi empuk versi kontemporer yang lebih nyaman dari sofa asli, dan itu menjadi istilah umum sofa untuk dua orang.

Ini praktis untuk rumah dan ruangan yang lebih kecil. Menjadi tempat duduk yang nyaman untuk menonton film atau bermain game untuk dua orang.

4. Cabriole

Cabriole mengundang sentuhan romantis dengan bingkai kayu berukir terbuka, garis melengkung di bagian atas, dan kaki berbentuk S sebagai cirinya.

Desain kaki ini mengingatkan pada masa kekuasaan Louis XV di paruh pertama abad ke-18.

Sofa Cabriole adalah semua tentang garis melengkung yang cantik dan desain yang menawan, jadi buatlah pilihan yang cocok untuk ruangan yang elegan memesona.

5. Chaise Lounge

Chaise Lounge adalah kursi berlapis kain yang dapat direbahkan untuk satu orang, yang menggabungkan fitur kursi dan sofa daybed.

Namanya berasal dari bahasa Perancis yang berarti "kursi panjang".

Selain menjadi “kursi panjang”, ia memiliki sejarah yang sangat panjang. Jenis sofa ini juga  digunakan oleh orang Mesir kuno, terbuat dari batang pohon palem dan tali, atau kayu untuk anggota masyarakat yang makmur.

Untuk bersandar, sofa chaise lounge harus selalu memiliki punggung, tetapi jumlah lengannya dapat bervariasi.

Meskipun mungkin tampak tidak praktis dari sudut pandang modern, jenis kursi malas masih merupakan perabot yang populer dan Anda sering dapat menemukannya di kamar tidur utama yang besar.

Namun, sofa reclining ini lebih merupakan bagian dekoratif daripada fungsi.

6. Mid-century Modern Sofa

Fitur khusus sofa modern abad pertengahan adalah desainnya yang ramping dan minimalis, bentuk persegi panjang, garis yang bersih, punggung berumbai, dan bantalan kursi.

Dipopulerkan pada pertengahan 1930-an hingga pertengahan 1970-an, jenis sofa tersebut masih banyak digunakan hingga saat ini.

Selain fitur-fiturnya yang dikenal seperti yang disebutkan di atas, ada begitu banyak variasi, dari menggunakan bahan tradisional atau non-tradisional (wol, vinil, kain beludru), serta dengan menambahkan detail finishing seperti kaki, lengan, dan kancing.

Sofa yang nyaman ini dapat ditempatkan dengan sempurna di setiap ruangan atau ruang modern dan kontemporer yang menginginkan gaya minimalis.

7. Dipan Sofa

Sofa Dipan asli Persia ini, memiliki desain tempat duduk seperti kasur pada bingkai kayu rendah yang terkadang diletakkan langsung di lantai.

Biasanya diletakkan di dinding, dan bantal tebalnya bisa digunakan untuk istirahat siang hari. Dipan adalah semacam pendahulu dari sofa tidur.

Dipan juga kadang-kadang disebut daybed, meskipun daybed adalah entitas yang berbeda.

8. Daybed

Daybed adalah tempat duduk panjang dengan tangan dan sandaran hanya di salah satu sisi saja atau bahkan tanpa sandaran sama sekali.

Hal ini dimulai dari sejarah bentuk yang seringkali digunakan untuk bersandar dalam posisi miring. 

Daybed digunakan sebagai tempat bersantai pada siang hari atau sebagai tambahan tempat tidur bagi tamu yang sedang menginap di malam hari.

Saat ini, Daybed biasa ditemukan di dalam ruang kamar dan di ruang keluarga. Daybed dapat ditempatkan di dekat jendela sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan dari balik jendela

9. Low-seated Sofa

Sofa jenis ini, seperti namanya, sangat rendah, seringkali hanya 43,18 cm.

Biasanya memiliki lengan yang sangat rendah atau sama sekali tidak ada legan.

Dengan ukurannya yang sederhana dan gaya yang beragam, Anda dapat menggunakan sofa low-seated di setiap ruangan mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur.

10. Futon

Futon adalah jenis sofa hasil evolusi dari tempat tidur tradisional Jepang yang relatif minimalis.

Struktur futon lebih mirip dengan tempat tidur asli, dan  lebih nyaman daripada tempat tidur sofa.

Dengan memiliki kasur tipis yang khas, jenis sofa lipat ini bisa mudah diubah menjadi tempat tidur untuk satu orang.

Itulah mengapa futon sangat populer untuk ruangan kecil, dan sebagai tempat tidur cadangan.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/13/122517321/jangan-keliru-menyebut-sofa-dengan-couch-ini-perbedaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke