Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Old Trafford, Theatre of Dreams Markas Baru Cristiano Ronaldo

Sebelumnya sempat dikabarkan Ronaldo akan bergabung bersama Manchester City, namun dia lebih memilih kembali ke klub lamanya.

Pada musim baru nanti, Ronaldo akan mulai berlatih dan menghabiskan sebagian besar waktunya di markas Setan Merah yakni Stadion Old Trafford.

Old Trafford merupakan salah satu stadion tertua yang ada di Inggris. Stadion ini dirancang oleh arsitek Skotlandia, Archibald Leitch.

Awalnya stadion ini dirancang agar bisa menampung 100.000 penonton, dengan tempat duduk di tribun selatan memiliki penutup. Sementara tiga tribun lainnya terbuka.

Karena ada kekurangan biaya, kapasitas stadion pun dikurangi menjadi sekitar 80.000 orang.

Proses konstruksi stadion dikerjakan oleh Sir Brameld dan Smith dari Manchester. Pembangunan selesai pada akhir 1909.

Setelah pecahnya Perang Dunia II, pihak militer setempat meminta Old Trafford untuk digunakan sebagai depot.

Serangan Jerman lainnya terjadi pada 11 Maret 1941 dan menghancurkan sebagian besar stadion termasuk tribun utama (main stand).

Hal ini memaksa klub untuk pindah markas sementara waktu ke Cornbrook Cold Storage.

Sedangkan untuk petandingan kandang, dilakukan di Maine Road. Sisa stadion dibangun kembali dalam bentuk yang sama seperti yang rencana awal.

Meski bagian atap stadion belum ada, Old Trafford kembali dibuka pada tahun 1949. Tiga tahun kemudian, atap dari main stand pulih, menyusul pemasangan atap untuk tiga tribun lainnya.

Setelah itu, markas klub ini mengalami beberapa perbaikan seperti pemasangan lampu sorot, pemotongan atap di main stand untuk menghindari bayangan di lapangan, hingga peasangan kantilever di atas atap.

Pada tahun 1965 arsitek Ernest Atherden menambahkan tingkat kedua di Stand Utara. Ini menjadi momen bersejarah karena pertama kalinya sebuah stadion berisi beberapa balkon.

Semua tribun kecuali Main Stand dibangun kembali dan layanan baru seperti private box, museum, dan area umum Manchester United juga ditambahkan.

Ekspansi terbaru di Old Trafford terjadi pada tahun 2005- 2006, ada penambahan sekitar 8.000 kursi di area barat laut dan timur laut.

Pada tahun 2009, klub melakukan reorganisasi tempat duduk di stadion yang menghasilkan pengurangan kapasitas menjadi 75.957 orang.

Old Trafford juga disebut sebagai The Theatre of Dreams karena memiliki suasana magis di sekitar lapangan, juga ditandai dengan kursi merah seperti julukan klub,Setan Merah.

Sementara itu, eksterior stadion dibuat dari bahan bata campuran diselingi dengan jendela besar dan dikelilingi oleh struktur baja untuk menahan atap.

Jika sedang berada di Inggris dan berkunjung ke Old Trafford, Anda tak perlu kesusahan mencari transportasi.

Stasiun Metro Link Trem hanya berjarak 5 menit dari stadion dan dapat diakses dengan berjalan kaki.

Selain menyaksikan pertandingan sepak bola, di Old Trafford juga Anda bisa mengikuti tur stadion, berkunjung ke museum serta menikmati berbagai hidangan nikmat di kafe. 

https://www.kompas.com/properti/read/2021/08/28/151531021/sejarah-old-trafford-theatre-of-dreams-markas-baru-cristiano-ronaldo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke