Kompas.com - 06/12/2021, 21:35 WIB
Penyanyi solo Kunto Aji saat ditemui dalam jumpa pers AMI Awards ke-21 di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (19/9/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPenyanyi solo Kunto Aji saat ditemui dalam jumpa pers AMI Awards ke-21 di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (19/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbincang dengan pembawa acara Daniel Mananta, musisi Kunto Aji sangat senang karena album keduanya, Mantra Mantra, bisa menjadi manfaat buat banyak orang.

Walaupun, kata Kunto, sembilan track dalam album tersebut tidak bisa membuat seseorang sembuh dari gangguan kesehatan mental.

Baca juga: Daniel Mananta Dukung Kehadiran NFT di Bisnisnya

Namun, ada sejumlah pendengar yang merasa dikuatkan lewat lagu-lagu yang ada di Mantra Mantra. Buktinya, ada pendengarnya yang menahan untuk bunuh diri setelah mendengar lagunya di album Mantra Mantra.

“Gue rasa kalau sembuh enggak, karena prosesnya panjang untuk mengalami stabil,” ucap Kunto Aji di kanal YouTube Daniel Mananta, Senin (6/12/2021).

“Banyak yang hampir suicede (bunuh diri), (tapi saat) dengarin lagu gue terus menahan untuk itu,” lanjutnya.

Baca juga: Cerita Daniel Mananta tentang Star Syndrome dan Perjalanan Spiritual

Ia sangat bersyukur lagunya dapat mengambil peran penting untuk kehidupan seseorang.

Kunto Aji tak pernah membayangkan lagunya tersebut ternyata bisa menguatkan orang yang sedang mengalami kesehatan mental.

“Menurut gue itu titik tertinggi dari kehidupan gue bisa menolong orang. Profesi gue sebagai musisi itu bisa di situ. Itu yang tadinya gue enggak ngebayangin," ujar Kunto.

Baca juga: Cerita Daniel Mananta Alami Star Syndrome lalu Kehilangan Pita Suara karena Tumor Jinak

"Yang tadinya cuma bisa enggak ya, tapi ini niat baik gue buat bikin musik itu tadi,” lanjut Kunto Aji.

Kunto Aji itu merasakan sesuatu yang besar ketika karyanya bisa berguna buat banyak orang. Terutama bagi mereka yang mengalami kesehatan mental.

Dia merasa ikut berguna sebagai manusia.

“Itu gede banget rasanya gue bisa berguna jadi manusia. Itu sesuatu yang besar. Ini (menyelamatkan jiwa) yang enggak bisa gue cerna. Tiba-tiba dikasih, kekuatan sama yang di atas cuma dikasih segini (tapi dampaknya tinggi),” tutur Kunto Aji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.