Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Daniel Mananta Alami Star Syndrome lalu Kehilangan Pita Suara karena Tumor Jinak

Kompas.com - 15/11/2021, 15:23 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Daniel Mananta sempat mengalami star syndrome sewaktu masih menjadi VJ MTV Indonesia.

Kata Daniel, anak muda pada zaman itu selalu menjadikan dirinya sebagai parameter pergaulan dan selalu mendapatkan privilege.

Tetapi, ketenaran tersebut yang membuat Daniel merasa sombong sehingga bisa menghalalkan segala cara.

"Jadi, orang-orang di sekeliling lu kayak, 'lu yang paling keren, paling hebat'. Misalnya gue lagi antre di restoran, sekuriti kayak 'sudah, langsung aja'. Atau misalnya economy class langsung dinaikin jadi business class hanya dengan foto (bareng)," kata Daniel Mananta.

Baca juga: Daniel Mananta Ingin Balik ke Indonesia Idol, tapi Bisikan Hati Katakan Tidak

"Mempunyai sebuah ketenaran itu bikin gue jadi congkak banget sehingga apapun yang gue lakukan pada saat itu kayak sah-sah aja," ucap Daniel Mananta seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube TonightShowNet, Senin (15/11/2021).

Dia merasa bersyukur karena pada saat itu dilindungi Tuhan lantaran tidak tersandung kasus sama sekali.

Di sisi lain, pada 2012, Daniel Mananta benar-benar naik daun karena masih menjadi host Indonesian Idol hingga bisnis Damn! I Love Indonesia tengah berjaya.

Tetapi, pada saat itu juga, Daniel menderita penyakit yang menyebabkan pita suaranya hilang dan hal itu berujung pada kehilangan identitas.

Baca juga: Alasan Daniel Mananta Buat Kanal YouTube Berkonsep Spiritual Journey

"Gue merasa, 'Oh my goodness, kalau gue enggak ada suara, gue bukan presenter lagi dong? Kalau gue bukan presenter, siapa gue?'. Jadi gue terlalu mengaitkan pekerjaan gue dengan identitas," ujar Daniel Mananta.

Dengan begitu, Daniel memutuskan untuk menjalin operasi demi suaranya kembali. Suami Viola Maria itu mengungkapkan terdapat tumor di dalam tenggorokannya.

"Ternyata benar, ada tumor jinak. Setelah operasi pun, suara gue enggak balik, padahal dokternya bilang, 'iya, pasti bakal balik kok'. Tapi ternyata enggak balik-balik'," kata Daniel Mananta.

Suatu hari, masih dalam posisi suaranya hilang, Daniel didoakan oleh seseorang yang ia sebut sebagai Evangelis.

Baca juga: Hari Jadi Kesepuluh Pernikahan Daniel Mananta dan Viola Maria, Bersyukur karena Ada Jalan dari Tuhan

Ketika didoakan, Evangelis berpesan agar Daniel segera memaafkan seseorang yang pernah membuat kesalahan di dalam hidupnya.

"Gue mulai pikirkan orang-orang random, gue nangis, ketika nangis, gue memaafkan diri gue sendiri, di situ gue merasakan kedamaian dan ada sebuah harapan bahwa suara gue balik," ungkap Daniel Mananta.

Daniel bercerita, pada saat itu ia bukan mengalami kesembuhan secara fisik, tetapi secara spiritual yang dia sebut sebagai sebuah kedamaian dalam diri.

Seiring berjalannya waktu, suara Daniel mulai membaik ketika ia sudah masuk sebagai pemandu acara Indonesian Idol musim ketujuh.

Baca juga: Balik dari Jerman, Daniel Mananta dan Viola Maria Langsung Karantina

"Itu makin lama kian membaik. Sampai akhirnya, seasons itu jadi seasons yang ratingnya luar biasa. Kemudian, gue sering banget masuk nominasi Panasonic Gobel Awards, tapi tahun itu juga gue mendapatkan Best Presenter Panasonic Gobel Awards," ungkap Daniel Mananta.

Dengan begitu, Daniel sangat berterima kasih kepada Tuhan karena telah mengangkat kembali dan masih menyayangi sebagai hamba-Nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com