Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Daniel Mananta Buat Kanal YouTube Berkonsep Spiritual Journey

Kompas.com - 15/11/2021, 14:21 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Daniel Mananta tercatat mulai membuat kanal YouTube pada 8 April 2020, satu bulan setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

Selain mengisi waktu luang di tengah pandemi Covid-19, Daniel memiliki tujuan tersendiri membuat kanal YouTube, yakni berbagi kepada masyarakat mengenai perjalanan hidup, khususnya perjuangan setiap bintang tamu ketika menghadapi ketidakpastian, kekhawatiran, dan ketakutan.

Hadir sebagai bintang tamu Tonight Show Premiere, Daniel mengungkapkan alasan mengapa selalu bertanya tentang spiritual journey kepada setiap narasumber.

Ternyata, Daniel sempat merasakan keruntuhan yang ia sebut dalam keadaan terkapar tetapi Tuhan tetap menyayanginya.

Baca juga: Hari Jadi Kesepuluh Pernikahan Daniel Mananta dan Viola Maria, Bersyukur karena Ada Jalan dari Tuhan

"Gue adalah salah satu orang yang mempunyai pengalaman spiritual, di mana, Tuhan mengangkat gue kembali. Nah, di situ bukan gue sendiri yang pernah mengalami," ungkap Daniel Mananta seperti dikutip Kompas.com, Senin (15/11/2021).

"Gue merasa (saat itu), 'gila, gue sebagai manusia enggak layak banget untuk diselamatkan, tapi Tuhan tetap sayangi gue dan malah melupakan segala dosa yang gue lakukan'," ucap Daniel Mananta melanjutkan.

Menurut Daniel, apa yang Tuhan lakukan terhadapnya merupakan suatu hal yang sangat indah.

Saat ditanya Vincent Rompies soal kesalahan apa yang membuatnya merasa berdosa, Daniel kemudian mengingat masa lalunya saat naik daun menjadi VJ MTV Indonesia.

Baca juga: Balik dari Jerman, Daniel Mananta dan Viola Maria Langsung Karantina

Suami Viola Maria itu merasa, di puncak ketenarannya selalu mendapatkan privilege dari orang atau yang ia akui sebagai star syndrome.

"Mempunyai sebuah ketenaran itu bikin gue merasa congkak banget sehingga apapun yang gue lakukan pada saat itu kayak sah-sah saja. Enggak tahu ya, gue dilindungi banget sampai enggak pernah kena kasus. Padahal, parah," ungkap Daniel Mananta.

Selain momen itu, Daniel sempat merasakan kehilangan pita suara karena tumor jinak yang ada di tenggorokannya.

Pada saat itu, Daniel merasa kehilangan identitas. Dia sempat operasi untuk mengangkat tumor, tapi suaranya tidak kembali.

Baca juga: Daniel Mananta dan Viola Bersyukur walau 10 Tahun Pernikahan Dirayakan Tanpa Banyak Teman

Pada akhirnya, dia didoakan dan diminta untuk memaafkan diri sendiri. Sebulan hingga satu setengah bulan kemudian, suaranya berangsur kembali.

"(Setelah didoakan dan maafkan diri sendiri) situasi masih sama. Yang terjadi pada saat itu bukan merasakan kesembuhan pada fisik, tapi mengalami kesembuhan secara spiritual," ujar Daniel Mananta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com