Video Viral Anji dan Hadi Pranoto soal Obat Covid-19, Tompi: Cek Latar Belakang Orang yang Diwawancara

Kompas.com - 03/08/2020, 07:10 WIB
Tangkapan layar YouTube Anji bersama Hadi Pranoto ScreenshotTangkapan layar YouTube Anji bersama Hadi Pranoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial sedang dihebohkan dengan unggahan video Anji di kanal YouTube-nya dunia MANJI yang berjudul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!."

Dalam video pertama yang diunggah, Anji berdialog dengan Hadi Pranoto yang diperkenalkan sebagai pakar mikrobiologi.

Ia mengklaim berhasil menemukan antibodi Covid-19.

Baca juga: Anji Trending Twitter, Tuai Kontroversi Usai Wawancara Hadi Pranoto yang Klaim Obat Covid-19

Hadi juga mengklaim bahwa antibodi Covid-19 berbahan herbal itu telah diberikan pada ratusan ribu orang di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan, dan terbukti mereka sembuh.

"Kita sudah bagikan hampir 250.000 lebih, kita sudah bagikan ke masyarakat, mereka sudah konsumsi dan alhamdulillah yang sudah terinfeksi sembuh semua," demikian kata Hadi dikutip dari video YouTube dunia MANJI, Minggu (2/8/2020).

Video tersebut rupanya menarik perhatian musisi sekaligus dokter, Teuku Adifitrian atau dikenal Tompi.

Baca juga: YouTube Hapus Video Anji dengan Hadi Pranoto yang Klaim Obat Covid-19

Tompi mengkritisi video tentang klaim adanya obat yang bisa melawan Covid-19.

"Lagi heboh banget sama berita @dunimanji wwcr profesor penemu obat covid, bukan GAK MUNGKIN loh, bs ajaa bener. Tp begini anji, sebuah penemuan apalagi medis ya..HARUS dipresentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji, terukur dan bisa diulang," tulis Tompi di akun @dr_tompi.

Dalam unggahan berikutnya, Tompi menulis tentang beberapa kutipan ucapan Hadi yang mengatakan bahwa beberapa orang telah sembuh.

Baca juga: Tanggapan Satgas Covid-19 soal Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto di Video Youtube Anji

"Seperti tadi sy sampaikan: 'MUNGKIN SAJA bener2 mujarab' atau sebenarnya 'KEBETULAN CASE NYA RINGAN AMPE SEMBUH SENDIRI' bkan karena obatnya. Nah inilah yang HARUS DIBUKTIKAN dengan ilmu yang sudah ada," kicau Tompi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X