Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Aespa di Jepang Ditunda Imbas Kritik Penggemar China

Kompas.com - 13/05/2024, 12:46 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Pada 11 Mei 2024, girl grup aespa mengumumkan penundaan konser mereka di Fukuoka, Jepang yang awalnya dijadwalkan pada 7 Juli 2024.

Tur bertajuk SYNK: PARALLEL LINE, yang akan dimulai pada bulan Juni 2024 itu mendapat reaksi keras dari para penggemar, terutama netizen China.

Mereka bereaksi keras dan meminta penundaan pada konser aespa di Jepang karena hari itu adalah hari kelam bagi China.

Tanggal 7 Juli dianggap sebagai hari berkabung di China, menandai peringatan peristiwa perang China-Jepang.

Baca juga: SM Entertainment Benarkan Winter aespa Operasi Paru-paru akibat Pneumotoraks

Sebagai informasi, salah satu anggota aespa, Ning Yizhuo atau Ningning berasal dari Harbin, China.

Para penggemar negara tersebut menganggap tidak sopan menyelenggarakan sebuah acara pada hari yang memiliki makna sejarah yang signifikan.

Terlebih lagi mereka memiliki anggota yang berasal dari China, sehingga menggelar konser di hari tersebut telah menimbulkan kontroversi lebih besar.

Tak ingin Ningning menghadapi risiko mendapat cancel culture di negaranya, secara khusus CHINA NINGNING Bar, basis penggemar terbesar untuk anggota aespa Ningning, mengatakan akan mengambil tindakan tegas terhadap SM Entertainment jika mereka tidak melakukan perubahan tanggal konser di Jepang.

Baca juga: Akhir Jalinan Cinta Han So Hee-Ryu Jun Yeol dan Karina Aespa-Lee Jae Wook yang Bikin Heboh

Atas desakan penggemar Ningning tersebut, SM Entertainment akhirnya mengumumkan kan menunda konser pada tanggal 7 Juli 2024.

"Terkait penampilan Minggu 7 Juli, kami mendapat banyak tanggapan di platform media sosial dalam dan luar negeri, serta berbagai saluran komunikasi," kata agensi.

"SM Entertainment, anggota aespa, dan anggota staf kami telah berdiskusi untuk mengadakan aespa LIVE TOUR 2024 – SYNK : PARALLEL LINE – di JEPANG dengan cara terbaik dan memutuskan untuk tidak mengadakan konser pada hari Minggu, 7 Juli," lanjut mereka.

Agensi juga menyampaikan permintaan maaf karena pemilihan tanggal tersebut tanpa melihat lebih hati-hati.

Aespa akan tetap menggelar konser pada tanggal 6 Juli 2024, tapi agensi belum mengumumkan kemungkinan adanya tanggal pengganti dari tanggal 7 Juli 2024 yang dibatalkan. 

"Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan bagi semua orang yang menantikan pertunjukan tersebut," kata agensi.

"Sekali lagi, kami mohon maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan seperti ini. Pertunjukan pada hari Sabtu, 6 Juli akan dilaksanakan sesuai jadwal. Terima kasih atas pengertian Anda," tutup mereka dalam pernyataan tertulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com