Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Membeli Furnitur Baru yang Harus Dihindari

Kompas.com - 16/03/2024, 16:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja furnitur merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, saat membeli furnitur tidak boleh sembarangan. 

Pastikan membeli furnitur berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan juga estetika furnitur tersebut untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Baca juga: Catat, Ini Kesalahan saat Membeli Furnitur yang Harus Dihindari

Para desainer bahkan mengingatkan beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat membeli furnitur baru.

Dilansir dari Southern Living, Sabtu (16/3/2024), berikut kesalahan saat membeli furnitur baru yang harus dihindari. 

Tidak melakukan perencanaan dengan matang

Ilustrasi taman, ilustrasi furnitur luar ruangan.Shutterstock/Antonioxs56 Ilustrasi taman, ilustrasi furnitur luar ruangan.

Saat membeli furnitur, penting untuk melakukan perencanaan dengan matang. Whitney Ray, desainer utama di Wyeth Ray Interiors, mengatakan bahwa membeli furnitur tidak seperti membeli karya seni. 

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan Saat Membeli Furnitur Luar Ruangan

Saat membeli karya seni, kita tidak perlu memikirkan padu padan dengan benda lain di dalam ruangan.

Sedangkan saat membeli furnitur, penting untuk mempertimbangkan ukuran, warna, dan gaya yang harus sesuai dengan konsep ruangan. 

Caroline Agee, pemilik Tuckahoe Home, menyarankan untuk menentukan dimensi terlebih dahulu sebelum mencari furnitur baru. 

Perencanaan yang tepat akan membantu menentukan dimensi, gaya, dan hasil akhir dari tampilan furnitur tersebut di dalam ruangan. 

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Membeli Furnitur Second yang Harus Dihindari

Mengabaikan fungsi

Selanjutnya, kesalahan saat membeli furnitur baru yaitu mengabaikan fungsi dari furnitur tersebut. Dengan memikirkan fungsinya, maka proses berbelanja menjadi lebih mudah. 

Selain mempertimbangkan fungsinya, pikirkan juga kebutuhan akan furnitur tersebut. Sebaiknya, pilih furnitur yang fungsional dan sesuai kebutuhan agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. 

Tidak memikirkan fungsi jangka panjang

Saat membeli furnitur baru, pikirkan fungsi furnitur tersebut dalam jangka waktu yang lama. Ray mengingatkan untuk menghindari tren sesaat karena membuat furnitur tidak bisa digunakan dalam waktu lama. 

Jangan membeli furnitur murah, namun cepat rusak dan tidak bisa digunakan dalam waktu lama. Lebih baik mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan furnitur berkualitas yang bisa digunakan dalam waktu lama. 

Baca juga: Catat, Ini Tips Membeli Furnitur Kulit dengan Tepat

Membeli furnitur di satu toko

ilustrasi furnitur di dekat pintuShutterstock/Ground Picture ilustrasi furnitur di dekat pintu

Membeli furnitur di satu toko ternyata sebuah kesalahan saat membeli furnitur baru yang perlu dihindari. 

Apabila membeli furnitur hanya di satu toko, maka pilihan furnitur yang tersedia sangat terbatas. Disarankan mencari furnitur di beberapa toko untuk mendapatkan furnitur terbaik sesuai dengan kebutuhan. 

Tidak mempertimbangkan kualitas material

Terakhir, kesalahan saat membeli furnitur baru yaitu tidak mempertimbangkan kualitas material. Kesalahan ini cukup fatal karena bisa membuat furnitur tidak awet. 

Selain memperhatikan kualitas material furnitur, jangan lupa untuk mengecek kondisi cat hingga finishing furnitur. Dengan demikian, furnitur yang dibeli benar-benar berkualitas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com