Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Bunga Terbaik untuk Ditanam di Kotak Jendela

Kompas.com - 08/03/2024, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman bunga di halaman rumah dapat meningkatkan pesona alami hunian sekaligus mempercantik rumah. 

Namun, menanam bunga di halaman rumah tak selalu menggunakan pot atau menanamnya langsung di tanah. 

Baca juga: 5 Tanaman Merambat Bunga yang Dapat Mempercantik Halaman Rumah

Anda bisa menanam bunga di kotak jendela rumah. Bunga-bunga ini bisa menjadi bagian dari pemandangan luar ruangan, memberikan sentuhan dekoratif pada eksterior rumah, serta bagian dari karakter rumah Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menanam bunga di kotak jendela. 

Kat Aul Cervoni, desainer lanskap dan pendiri Staghorn NYC dan The Cultivation by Kat, mengatakan satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bunga ini adalah paparan sinar matahari di jendela Anda. 

Terlalu banyak cahaya, tanaman rentan terhadap kekeringan dengan cukup cepat. Jadi, halaman rumah yang memiliki paparan sinar matahari ekstra, sebaiknya memilih tanaman bunga yang sangat menyukai air, seperti sedum dan sukulen, atau menyiramnya setiap hari. 

Nah, dilansir dari Living etc, Jumat (8/3/2024), para ahli membagikan sejumlah tanaman bunga terbaik untuk ditanam di kotak jendela

Baca juga: 7 Tanaman Bunga Dalam Ruangan yang Dapat Mekar Sepanjang Tahun

Petunia

Ilustrasi bunga petunia.PIXABAY/MSCHIFFM Ilustrasi bunga petunia.
Jika menginginkan warna sepanjang tahun, pertimbangkan menanam bunga petunia di kotak jendela.

Diane Blazek dari Biro Taman Nasional, mengatakan tanaman tahunan ini paling baik karena dapat mekar sepanjang musim dibanding tanaman keras yang berbunga sepanjang musim. 

Bunga petnuia memiliki tampilan yang cantik dengan warna cerah dan indah yang bisa menambahkan warna pada bagian luar rumah.

Namun, bunga petunia menyukai penyiraman secara teratur dan sinar matahari. Jadi, Anda harus memperhatikan hal tersebut. 

Baca juga: 5 Tanaman Bunga Tropis yang Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan

Pansi 

Pansy juga menjadi satu tanaman bunga terbaik untuk ditanam di kotak jendela. Bunga pansi dapat mempercantik hunian dan meningkatkan tampilan hamparan bunga yang ditanam di sepanjang jendela.

"Pansi menawarkan beragam warna cerah dan sangat cocok untuk ruang terbatas di kotak jendela," ucap Reese L Robins, pakar berkebun di Just Pure Gardening.

Bunga pansi relatif mudah dirawat. Menggabungkan campuran bunga lain dapat menciptakan tampilan visual yang menarik sepanjang tahun. 

Reese mengatakan satu hal yang perlu diingat sebelum memilih bunga adalah mempertimbangkan daya tarik estetika dan koordinasi warna untuk meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah Anda. 

Baca juga: 8 Bunga Asal China yang Populer di Dunia dan Artinya, Ada di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com