Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2024, 21:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comAir fryer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menggoreng bahan makanan tanpamenggunakan minyak. Dengan menggunakan air fryer, maka makanan yang dihasilkan lebih sehat dan higienis. 

Sama halnya dengan peralatan dapur lainnya, air fryer juga memiliki masa pakai. Apabila alat elektronik tersebut sudah menujukkan tanda-tanda kerusakan, maka sebaiknya ganti dengan air fyer yang baru. 

Baca juga: 7 Tanda Perlu Mengganti Air Fryer Baru

Sebab, air fryer yang sudah rusak akan membuat proses memasak menjadi lebih sulit dan kualitas makanan yang dihasilkan menurun. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (3/3/2024), menurut para ahli, berikut ini beberapa tanda air fryer sudah harus diganti. 

Suhu tidak konsisten

Ilustrasi air fryer.Shutterstock/kamikaze85 Ilustrasi air fryer.

Salah satu tanda air fryer sudah harus diganti yaitu suhu yang dihasilkan alat penggoreng ini tidak stabil. Suhu yang tidak konsisten bisa mempengaruhi kualitas masakan yang dihaasilkan.

Baca juga: Inilah 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Air Fryer

Sarah Johnson, pakar peralatan dapur di Big Air Fryer menerangkan bahwa, apabila Anda mengetahui air fryer membutuhkan waktu lama untuk memasak atau tidak menghasokkan makanan yang renyah seperti biasanya, maka artinya alat elektronik tersbut sudah harus diganti. 

Penurunan efisiensi ini diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya pemanas yang sudah usah atau kipas yang tidak berfungsi dengan baik. 

Sementara itu, Dim Nikov, penulis buku masak dan editor Home Cook Wordl menjelaskan bahwa apabila alat penggoreng sering mati, kemungkinan karena suhunya terlalu panas. 

Apabila hal ini terjadi dan Anda tidak bisa menemukan penyebab pastinya, maka kemungkinan ada kerusakan pada mesin. Air fryer yang terlalu panas tidak aman untuk digunakan dan bisa mempengaruhi cita rasa makanan. 

Baca juga: Kenapa Air Fryer Berasap? Ini 5 Penyebab dan Cara Mencegahnya

Lapisan penggoreng terkelupas

Ari fryer memiliki lapisan antilengket, sehingga Anda bisa menggoreng dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Fitur ini juga bisa membuat air fryer mudah dibersihkan. 

Namun, apabika Anda melihat enamel atau lapisan antilengket terkelupas, maka sebaiknya ganti air fryer dengan yang baru. 

Sebab, saat lapisan antilengket mulai terkelupas dan masuk ke makanan, maka makanan menjadi tidak aman untuk dimakan. Selain itu, hilangnya antilengket akan membua air fryer sulit dibersihkan. 

Fiturnya sudah ketinggalan zaman

Tanda air fryer sudah harus diganti lainnya yaitu fitur sudah mulai ketinggalan zaman. Perlu diketahui bahwa kemajuan teknologi membuat model dan fitur air fryer terus berkembang. 

Apabila air fryer yang Anda miliki sudah ketinggalan zaman, maka tak ada salahnya untuk mengganti dengan air fryer yang baru. Selain mendapatkan pengalaman terbaik, teknologi terkini juga membuat keamanan dan proses memasak menjadi lebih nyaman dan mudah. 

Baca juga: Bikin Rusak, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Membersihkan Air Fryer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com