Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2023, 15:14 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim hujan dengan hujan badai bisa menjadi bencana untuk kebun di rumah.

Di satu sisi, hujan badai dapat menyuburkan tanah dan memberi nutrisi bagi tanaman. Namun, angin kencang, hujan lebat, dan petir dari hujan badai dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada kebun.

Baca juga: 7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Dapat Merusak Kebun

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melindungi kebun dari hujan badai. Melansir dari Homes and Gardens, Senin (6/10/2023), berikut adalah lima langkah agar kebun terlindungi dari hujan badai.

Ilustrasi taman vertikal, menanam sayuran hidroponik secara vertikal. SHUTTERSTOCK/PIYACHOK THAWORNMAT Ilustrasi taman vertikal, menanam sayuran hidroponik secara vertikal.

1. Perkuat pagar di kebun

Ini salah satu cara terbaik untuk melindungi kebun dari hujan badai. Pagar yang lemah atau tidak dirawat dengan baik dapat rusak atau bahkan roboh oleh kondisi cuaca yang ekstrem.

Pagar kebun pun bisa tetap berdiri tegak dan berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun. Caranya adalah perlu tambahan pendukung pagar, misalnya tiang tambahan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti kayu atau baja.

Selain itu, kawat atau jaring yang kuat dan terpasang dengan benar juga dapat menjadi penambah dukungan lainnya.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Drainase pada Pot Tanaman

2. Drainase yang baik

Kebun perlu memiliki drainase yang baik. Atur agar memiliki kemiringan yang tidak curam ke arah selokan atau saluran air. Hal ini agar air mengalir dengan lancar.

Pastikan pula selokan dan saluran air bebas dari daun-daun berguguran, kotoran, dan sampah lainnya.

Dengan drainase yang baik, ini akan bantu air hujan mengalir dengan lancar, sehingga dapat mengurangi risiko banjir akibat hujan badai.

Baca juga: Air Keran Vs Air Hujan, Mana yang Lebih Baik untuk Menyiram Tanaman?

3. Mengamankan benda-benda

Amankan benda-benda yang mudah tertiup angin atau tersapu oleh hujan. Ini merupakan langkah penting untuk melindungi kebun dari kerusakan akibat badai.

Saat musim hujan, pindahkan ke tempat penyimpanan terlebih dahulu, seperti di dalam rumah atau garasi. Pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat, untuk mencegah angin masuk ke rumah dan merusak barang-barang.

4. Lindungi pohon dan tanaman

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com