Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatur Kulkas dan Menjaganya Tetap Rapi Sepanjang Tahun

Kompas.com - 14/05/2023, 10:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengatur segala sesuatu agar tetap tertata rapi dan teratur memang tidak gampang, termasuk kulkas.

Banyaknya barang atau bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas rentan membuatnya berantakan serta penuh. Bahkan ada beberapa makanan yang sudah kedaluwarsa dan tidak seharusnya di kulkas masih tetap disimpan.  

Baca juga: 9 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas yang Harus Dihindari

Kulkas yang berantakan tak hanya membuat stres, tapi juga bisa membuat makanan cepat busuk, berisiko buruk pada kesehatan, dan membuat kulkas tidak berfungsi mendinginkan makanan dengan optimal. 

Karena itu, perlu segera mengatur kulkas dengan baik. Untungnya, menata kulkas tidaklah sulit. Dilansir dari HGTV, Minggu (14/5/2023), berikut sejumlah cara mengatur kulkas dan menjaganya tetap rapi sepanjang tahun.

Letakkan barang di tempat praktis

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Ada sebenarnya beberapa bagian kulkas yang lebih hangat dan dingin dari yang lain. Rak dan pintu bagian atas kulkas cenderung menjadi "zona" terhangat, sementara rak tengah dan bawah semakin dingin.

Tempat-tempat ini menentukan bahan makanan apa yang boleh disimpan. Misalnya, Anda harus menyimpan bumbu di pintu, produk susu, telur dan olesan di rak atas, daging dan susu di rak paling bawah, serta buah dan sayuran di bagian kulkas yang lebih dingin.

Namun, dengan meletakkan segala sesuatu di tempat tepat, ini dapat membantu makanan bertahan lebih lama dan menghemat pengeluaran belanja. 

Baca juga: Cara Mematikan Kulkas dengan Benar, Jangan Langsung Cabut Steker

Buang kemasan dan berinvestasi pada tempat penyimpanan bersih

Buanglah kemasan buah, telur, cangkir yogurt, kaleng air mineral, dan lain-lain. Setelah itu, gunakan wadah bening yang serasi untuk menyimpan dan mengatur barang-barang  berdasarkan kategori di dalam kulkas

Ini akan membantu mengatur kulkas terlihat lebih seragam dan memastikan Anda melihat dengan jelas apa saja yang tersedia.

Apabila memiliki bumbu yang berlebih, pertimbangkan menggunakan lazy Susan kecil untuk kebutuhan sehari-hari, seperti saus tomat dan mustard. 

Baca juga: 7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Beri label pada wadah penyimpanan 

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Selanjutnya, cara mengatur kulkas adalah memberi label pada wadah penyimpanan. Beri label dengan stiker yang sudah ditulis sebelumnya guna membantu Anda menemukan apa yang dicari dengan mudah dan memastikan semuanya kembali ke tempat tepat di kulkas.

Tulisan tangan bergaya skrip mudah dibaca dan mencantumkan segala sesuatu, dari keju, daging, sisa makanan, makanan ringan, dan pemanis.

Letakkan bahan makanan yang mudah rusak di bagian depan dan tengah

Ada sebuah ungkapan mengatakan, "Tak terlihat, tak terpikirkan". Terlalu mudah melupakan hal-hal, seperti apel, buah beri, dan telur karena tersembunyi di bagian belakang rak atau di bawah tutupnya.

Jadi, disarankan mengosongkan semua makanan yang mudah rusak itu ke dalam saringan, peti, dan mangkuk buah kecil, lalu letakkan di bagian depan dan tengah kulkas sehingga semua orang bisa melihatnya.

Hal ini akan mengingatkan keluarga Anda untuk menggunakan bahan makanan yang mudah rusak terlebih dahulu serta membantu mencegah pemborosan makanan yang tidak perlu. 

Baca juga: 5 Cara Tepat Membersihkan Kulkas, Dijamin Kembali Bersih dan Bebas Bau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com