BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Ingin Isi Kulkas Terlihat Rapi dan Lapang? Terapkan 4 Tips Berikut

Kompas.com - 28/04/2023, 17:53 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik yang dimiliki hampir setiap keluarga.

Lemari pendingin jadi perangkat yang esensial bagi keluarga karena berguna untuk menyimpan dan mendinginkan aneka bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, telur, daging-dagingan, serta makanan olahan.

Tak hanya itu, berbagai produk minuman, mulai dari susu sapi segar, jus sari buah, kopi, hingga minuman ringan (soft drink), juga dapat didinginkan di kulkas agar makin terasa segar saat dinikmati.

Sayangnya, tidak semua orang memahami cara menyusun makanan dan minuman di kulkas dengan benar. Hal ini penting agar makanan terhindar dari kontaminasi sehingga lebih awet.
Agar lebih rapi dan teratur, berikut beberapa cara menata makanan di dalam kulkas.

Baca juga: Ingin Baju Lebaran Bisa Digunakan Berulang Kali? Simak 3 Tips Berikut

1. Inventarisasi bahan makanan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginventarisasi aneka bahan makanan dan minuman. Caranya, letakkan seluruh bahan yang tersedia di meja, baik yang baru dibeli di supermarket maupun stok bahan yang masih tersedia di rumah.

Kemudian, kelompokkan bahan makanan sesuai kategori. Sebagai contoh, kategori buah-buahan, seperti jeruk, apel, dan anggur, dapat dikumpulkan dalam satu wadah sehingga lebih mudah memisahkannya dengan bahan lain.

Lakukan hal yang sama dengan kategori lain, seperti sayur-sayuran, daging-dagingan, ikan, dan produk olahan. Setelah dibagi sesuai kategori, selanjutnya bersihkan setiap permukaan bahan makanan atau mencucinya terlebih dahulu.

Adapun bahan-bahan makanan yang perlu dicuci sebelum dimasukkan ke kulkas, di antaranya ikan, daging ayam, daging sapi, dan tahu. Khusus produk olahan, pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu agar lebih aman saat dikonsumsi.

Baca juga: Maksimalkan Hiburan Selama Ramadhan, Smart TV dengan Segudang Fitur Ini Bisa Jadi Pilihan

2. Pakai wadah tambahan atau container box

Setelah mengelompokkan bahan makanan sesuai kategori, Anda dapat menyiapkan wadah tambahan atau container box untuk menyimpan makanan ke dalam kulkas. Selain menjaga kulkas tetap rapi dan bersih, container box memudahkan Anda ketika ingin mencari bahan makanan tertentu tanpa perlu mengeluarkan semua isi kulkas.

Adapun wadah yang hendak digunakan sebaiknya sudah dilengkapi dengan tutup kedap udara. Dengan begitu, kualitas makanan lebih terjaga dan awet.

Selain itu, pastikan pula wadah tersebut transparan atau tembus pandang agar Anda lebih mudah melihat isinya dari luar. Dengan begitu, Anda tak perlu repot mencari ketika akan mencari bahan makanan tertentu.

Terdapat berbagai ukuran wadah yang bisa Anda pilih, mulai dari yang paling kecil dengan kapasitas 325 ml hingga paling besar 3,1 liter. Anda pun dapat memilih wadah bentuk persegi atau persegi panjang untuk menghemat ruang di dalam kulkas.

Baca juga: Antibosan, Berikut 5 Kegiatan Seru Bareng Keluarga Sambil Menunggu Waktu Buka Puasa

3. Singkirkan kemasan makanan

Beberapa produk olahan atau makanan jadi dari supermarket biasanya sudah dilengkapi dengan kotak, plastik, atau kemasan tambahan. Terlebih, produk yang dijual dalam bentuk paket, seperti yoghurt, minuman probiotik, sosis, dan keju.

Agar menghemat ruang dan kapasitas kulkas, Anda bisa melepas kemasan tambahan tersebut sebelum memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas. Setelah itu, Anda dapat menatanya langsung ke dalam rak kulkas atau mengelompokkannya ke dalam wadah transparan.

4. Letakkan pada rak yang sesuai

Untuk menjaga higienitas dan meminimalkan kontaminasi, letakkan bahan makanan ke dalam kulkas berdasarkan kategori makanan.

Perlu diketahui, setiap rak kulkas punya fungsi berbeda-beda. Lemari pembeku atau freezer, misalnya, berfungsi untuk menyimpan bahan makanan yang mudah busuk, seperti daging, ikan, dan ayam. Suhu rendah pada freezer dapat membuat bahan makanan tersebut lebih awet.

Baca juga: Selain Bisa Diajak Ngobrol, Polytron Smart Cinemax Soundbar Google TV Bisa Lakukan Ini Untukmu

Namun, sebelum dimasukkan ke dalam freezer, pastikan Anda membungkus bahan makanan tersebut dengan plastik atau container box agar tidak terjadi kontaminasi silang.

Adapun rak kulkas di kompartemen paling atas dapat digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang memiliki ukuran tinggi, seperti karton susu cair atau jus. Kompartemen ini ideal karena memiliki ukuran yang lebih tinggi.

Rak bagian tengah dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang akan dikonsumsi atau diolah sehari-hari, seperti sayur-sayuran, aneka bumbu, dan makanan jadi, agar lebih mudah dijangkau.

Begitu pula rak bagian bawah. Anda bisa mengisi bagian tersebut dengan berbagai produk hewani dan turunannya, seperti telur, keju, yoghurt, dan buah-buahan.

Baca juga: Polytron Punya Smart TV Spek Dewa Mini LED Quantum 75 Inch, Seperti Apa Kecanggihannya?

Itulah empat tips untuk menata makanan di dalam kulkas agar tampak lebih rapi dan nyaman dipandang. Dengan menerapkan tips tersebut, bahan makanan pun lebih awet dan terhindar kontaminasi silang.

Kulkas Polytron Belleza Jumbo hadir dengan pintu kaca yang dilengkapi dengan borderless curved edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan antikarat.Dok. Polytron Kulkas Polytron Belleza Jumbo hadir dengan pintu kaca yang dilengkapi dengan borderless curved edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan antikarat.

Agar penataan bahan makanan di kulkas lebih optimal serta nutrisi makanan tetap terjaga, Anda memerlukan kulkas yang berkualitas. Salah satu kulkas 2 pintu yang patut dipertimbangkan untuk digunakan sehari-hari adalah Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX.

Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX hadir dengan kapasitas sebesar 260 liter dan rak penyimpanan luas sampai 58 cm. Berkat ruang penyimpanan seluas ini, Anda dapat leluasa belanja makanan dalam jumlah banyak sehingga lebih hemat waktu dan juga biaya.

Dengan kapasitas kulkas yang lapang, aktivitas menata dan mengatur makanan di dalam kulkas menjadi lebih mudah.

Baca juga: 4 Tips Penyimpanan Stok Bahan Makanan di Kulkas Selama Ramadhan

Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX pun dilengkapi rak adjustable sehingga dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Ditilik dari segi desain, kulkas Polytron Belleza Jumbo dilengkapi pintu kaca dengan borderless curved edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan memiliki kemampuan antikarat.

Tak hanya tampilan desain yang menarik, Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX juga dibekali teknologi andal, yakni fitur deodorizer sehingga kulkas terbebas dari bau tidak sedap.

Selain dilengkapi fitur dan teknologi andal terbaru, Polytron juga memberikan garansi selama 10 tahun untuk setiap pembelian kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo. Dengan begitu, Anda bebas dari rasa khawatir soal kualitas dan daya tahan perangkat ini.

Baca juga: Mengenal Bagian Penyimpanan di Kulkas dan Fungsinya

Tidak hanya penggunaan produk yang tahan lama, kualitas produk yang dikeluarkan oleh Polytron merupakan kualitas yang terbaik.

Bagaimana, tertarik membeli Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX? Untuk memiliki kulkas premium Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX, Anda dapat mengunjungi situs resmi Polytron atau official store Polytron yang ada pada official store Polytron di e-commerce favorit.

 


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com