BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Maksimalkan Hiburan Selama Ramadhan, Smart TV dengan Segudang Fitur Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 04/04/2023, 16:02 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Anissa DW

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comSmart TV atau televisi pintar bisa menjadi opsi terbaik jika Anda menginginkan pilihan tontonan yang beragam selama bulan Ramadhan. Pasalnya, TV pintar sudah bisa terhubung dengan jaringan internet dan menyediakan layanan video-on-demand yang dapat diunduh di lokapasar aplikasi, selayaknya di smartphone.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati berbagai konten seru serta tayangan secara lebih maksimal di smart TV sambil menunggu waktu ngabuburit.

Saat ini, ada banyak pilihan smart TV di pasaran dengan berbagai ukuran, sistem operasi, dan fitur. Untuk memudahkan memilih smart TV yang cocok untuk menemani hiburan selama Ramadhan, Anda bisa memperhatikan lima hal berikut sebelum membelinya.

1. Sistem operasi terkini

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sistem operasi. Umumnya, smart TV menggunakan sistem operasi Android dan sistem antarmuka dari pabrikan TV.

Selain itu, ada pula smart TV yang sudah didukung antarmuka Google. Smart TV ini kerap disebut sebagai Google TV.

Buat Anda yang tak ingin ribet mempelajari user interface (UI) dan user experience (UX) dari sistem operasi smart TV, Google TV merupakan pilihan yang layak diperhitungkan. Pasalnya, UI dan UX Google TV tidak jauh berbeda dari smartphone.

Baca juga: Selain Bisa Diajak Ngobrol, Polytron Smart Cinemax Soundbar Google TV Bisa Lakukan Ini Untukmu

Selain itu, Google TV juga sudah dapat terkoneksi dengan platform Google lain, seperti Google Play dan Google Assistant. Melalui Google Play, pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi populer langsung dari smart TV, seperti Netflix dan YouTube.

Selain itu, Google TV umumnya sudah memiliki mic-on TV. Fitur ini membuat pengguna dapat mengoperasikan perangkat hanya dengan perintah suara melalui Google Assistant, mulai dari meminta informasi, mencari film favorit, hingga mengontrol TV. Dengan demikian, pengguna tidak perlu menggunakan remote untuk mencari tayangan favorit.

2. Didukung resolusi layar 4K

Selain sistem operasi, Anda perlu memperhatikan spesifikasi layar. Pasalnya, layar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat menonton TV.

Agar tontonan jernih, pilih smart TV yang sudah didukung dengan resolusi layar 4K atau 3.840 x 2.160 piksel. Layar ini juga disebut sebagai ultra-high definition (UHD) karena memiliki jumlah piksel empat kali lebih banyak ketimbang TV full high definition (Full HD) yang beresolusi 1.920 x 1.080 piksel.

Berkat kerapatan piksel tersebut, tontonan tampak lebih detail dengan warna lebih kaya. Anda pun bisa merasakan pengalaman menyaksikan tayangan yang lebih optimal. Terlebih, saat ini, banyak penyedia layanan streaming menyediakan film atau konten video dengan resolusi 4K.

Selain itu, layar TV 4K juga dapat menunjang aktivitas bermain gim di konsol PS5 yang sudah mendukung resolusi 4K.

3. Dilengkapi teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos

Beralih dari layar, hal ketiga yang perlu diperhatikan sebelum beli smart TV adalah teknologi pemrosesan video dan audio. Kedua teknologi ini akan menentukan kenyamanan saat menonton hiburan.

Untuk video, smart TV dengan Dolby Vision bisa jadi pilihan. Dolby Vision merupakan teknologi pemrosesan video yang mampu menghasilkan akurasi warna lebih tinggi dari HDR10 dan HDR10+.

Dolby Vision pun mampu menyesuaikan gambar pada setiap adegan dengan detail lebih tinggi dan akurasi warna lebih baik sesuai dengan warna asli yang direncanakan pembuat film atau video.

Baca juga: Polytron Punya Smart TV Spek Dewa Mini LED Quantum 75 Inch, Seperti Apa Kecanggihannya?

Kemudian, untuk audio, pastikan smart TV pilihan Anda sudah dibekali teknologi Dolby Atmos. Adapun Dolby Atmos merupakan teknologi pemrosesan audio yang dapat menghasilkan suara lebih nyata berdasarkan tata letak ruang multidimensi.

Teknologi tersebut juga menyuguhkan surround sound yang bisa memberikan efek suara seolah mengelilingi penonton. Dengan teknologi ini, penonton seolah masuk ke dalam video atau film. Berkat sistem tersebut, suara yang dihasilkan tayangan terdengar seperti suara aslinya.

4. Dibekali teknologi MEMC

Selain layar berteknologi 4K dan sudah dibekali Dolby Vision, Anda perlu pula mengecek teknologi pencitraan video pada smart TV. Pasalnya, teknologi ini berperan terhadap kemulusan tayangan atau tontonan, seperti film atau gim.

Untuk pengalaman menonton yang imersif, Anda bisa memilih smart TV dengan teknologi pencitraan video Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC). Teknologi ini mampu menyesuaikan frame rate dengan refresh rate layar pada video, gim, serta aplikasi. Cara kerjanya, teknologi MEMC berusaha menyisipkan frame tambahan yang dibuat selaras dengan gerakan gambar

Sebagai contoh, pengguna akan merasakan pengalaman menonton video atau tayangan animasi yang lebih mulus saat MEMC mengubah setelan tayangan dari 30 fps menjadi 60 fps. Begitu pula saat pengguna menikmati streaming film 4K.

5. Fitur konektivitas

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah fitur konektivitas. Sebab, fitur ini bisa mengoneksikan perangkat TV dengan perangkat lain, seperti laptop, desktop, tablet, dan smartphone.

Salah satu fitur konektivitas yang wajib ada di smart TV adalah port High Definition Multimedia Interface (HDMI). Port ini digunakan untuk mentransfer audio dan video berdefinisi tinggi atau 4K, seperti konsol dan laptop.

Baca juga: Polytron Hadirkan TV Layar Besar 75 Inci dengan Kecerahan Tinggi

Selain HDMI, pertimbangkan juga keberadaan port lainnya, seperti USB, headphone jack/analog audio out 3,5 mm, serta ethernet.

Kemudian, cek pula kehadiran fitur Chromecast pada smart TV incaran Anda. Fitur tersebut dapat me-mirror layar smartphone atau tablet ke layar smart TV.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smart TV. Keberadaan lima hal itu dapat memberikan pengalaman menonton video atau film serta bermain gim lebih imersif.

 

Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV DOK. Polytron. Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV. Selain telah memiliki lima hal tersebut, smart TV teranyar Polytron itu juga dilengkapi dengan speaker soundbar terpisah. Speaker ini mampu menghasilkan suara menggelegar layaknya bioskop mini di rumah.

Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV juga dilengkapi garansi selama 5 tahun untuk memberikan rasa aman kepada konsumen. Adapun garansi yang diberikan meliputi jasa perbaikan panel light emitting diodes (LED), spare part, dan remote TV, serta kerusakan akibat tersambar petir.

Layanan servis Polytron pun telah tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Anda menjadi lebih nyaman dan bebas khawatir jika sewaktu-waktu ada masalah terhadap peranti yang digunakan.

Keuntungan lain adalah pembeli 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV juga dapat menikmati berbagai konten premium Mola selama 12 bulan, yakni Mola Kids, Mola Sports, Mola Movies, dan Mola Living.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menikmati konten premium dari Vidio Platinum selama 6 bulan.

Untuk diketahui, Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV memiliki tiga varian ukuran layar, yakni 43 inci, 50 inci, serta 55 inci. Masing-masing Google TV Polytron itu dibanderol Rp 4.599.0006 (43 inci), Rp 5.899.000 (50 inci), serta Rp 6.599.000 (55 inci).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai, smart TV teranyar Polytron itu, klik tautan ini.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com