Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Anjing Melompat ke Orang dan Hewan Lain

Kompas.com - 06/05/2023, 11:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melompat adalah salah satu perilaku yang sering dilakukan anjing. Perilaku melompat ini terlihat menyenangkan apabila anjing melakukannya hanya sesekali. 

Namun, anjing yang sering melompat bisa sangat mengganggu dan memalukan, terlebih jika sahabat bula melompat atau menyuduk ke orang yang tidak memiliki atau menyukai anjing. 

Baca juga: Cara Menghentikan Anjing Melompat Saat Menyapa Orang

Beberapa anjing melombat ke perabot, orang, bahkan hewan peliharaan tetangga. Biasanya, melompat merupakan perilaku anjing yang tidak berbahaya dan tindakan yang secara inheren bersifat seksual. 

Namun, tidak selalu demikian. Melompat adalah bagian dari naluri dan perilaku yang dipelajari. Paling penting, hal ini sepenuhnya normal bagi anjing.

Tidak hanya anjing jantan yang suka melompat, anjing betina juga bisa rentan terhadap perilaku ini.

Namun, melompat umumnya bisa menjadi masalah perilaku ketika anjing menabrak orang, mengganggu anjing lain, atau melompat berlebihan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (6/5/2023), ada beberapa penyebab anjing melompat ke orang dan hewan lain seperti berikut ini. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Melompat dan Tinggi Lompatannya

Seksual atau hormonal

Ilustrasi anjing Bolognese. Shutterstock/islavicek Ilustrasi anjing Bolognese.
Anjing yang belum dimandulkan atau dikebiri dapat menyundul anjing lain karena hormon dan ketertarikan seksual.

Ketika kedua anjing belum dikebiri, mereka biasanya akan berakhir dengan perkawinan. Jadi, harus memisahkan anjing yang berlainan jenis kelamin jika tidak ingin hal itu terjadi.

Terkadang, anjing yang belum dikebiri akan menindih anjing yang sudah dimandulkan. Anjing betina juga melabrak dan mungkin bersifat seksual. 

Ketika seekor anjing melompat ke benda atau orang, itu mungkin merupakan bentuk masturbasi.

Mengebiri anjing peliharaan dapat membantu mengatasi masalah ini, tetapi perlu diketahui bahwa anjing dapat mengembangkan kebiasaan melompat sebelum diubah dan melanjutkannya setelahnya. 

Baca juga: Alasan Anjing Melompat ke Manusia dan Cara Menghentikannya 

Stres

Anjing yang stres atau terlalu banyak stimulasi dapat menggunakan gonggongan sebagai semacam perilaku untuk menenangkan diri.

Hal ini kemungkinan menjadi penyebab anjing melompat saat ada tamu yang berkunjung ke rumah. Anjing hanya merespons kecemasan atau stres karena ada orang asing di rumah.

Pemicu stres lainnya yang menyebabkan anjing melompat, termasuk perubahan jadwal harian, dititipkan di tempat penitipan, kepulangan pemiliknya ke rumah setelah seharian bekerja, dan hewan peliharaan baru yang diperkenalkan ke dalam rumah. 

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Melompat ke Pangkuan Kita?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com