Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Penyimpanan Barang yang Harus Dihindari

Kompas.com - 06/05/2023, 10:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sstem penyimpanan yang baik di rumah penting dimiliki demi menyimpan dan menjaga barang-barang tetap teratur.

Namun, ada beberapa kesalahan penyimpanan barang yang dapat membuat rumah tampak berantakan. Untungnya, dengan sejumlah penyesuaian, Anda dapat mengoptimalkan penyimpanan dan memanfaatkan ruang sehingga barang-barang tertata baik. 

Berikut kesalahan penyimpanan barang dan cara menghindarinya dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Hindari, 7 Kesalahan Penyimpanan Barang di Rumah Kecil

Rak terlalu penuh

Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.
Anda tidak harus memenuhi setiap jengkal rak dengan barang. Hal ini dapat menciptakan kekacauan visual dan membuat sulit menemukan barang yang dibutuhkan.

Sebagai gantinya, coba elemen vertikal dan horizontal secara bergantian. Jika satu bagian rak memiliki beberapa buku atau wadah, berikan sisi lain ruang untuk bernapas dengan foto atau barang koleksi lainnya.

Baca juga: Tips Menata Rak Terbuka di Dapur Agar Menarik dan Tidak Berantakan

Mengandalkan satu jenis atau ukuran penyimpanan

Tidak semua barang memiliki ukuran sama sehingga sebaiknya jangan mengandalkan satu jenis atau ukuran untuk menyimpan semua barang.

Menggunakan campuran dari berbagai ukuran dan jenis barang dapat membantu  memaksimalkan ruang penyimpanan.

Melewatkan ruang di ketinggian

Jika mencari lebih banyak ruang penyimpanan, lihatlah ke atas. Terdapat banyak ruang potensial pada ketinggian di berbagai ruangan, seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur.

Manfaatkan area di atas ketinggian mata untuk pajangan dan penyimpanan serta simpan barang-barang yang paling jarang digunakan lebih dekat ke plafon. 

Baca juga: 4 Trik Penyimpanan Barang di Ruang Dapur yang Sempit

Bersikukuh dengan pintu tertutup

Penyimpanan tidak selalu harus tersembunyi. Rak terbuka atau lemari tanpa pintu dapat membantu memudahkan akses atau memungkinkan Anda memajang barang-barang favorit.

Saat memutuskan apa yang akan disimpan di ruang terbuka, pilih barang yang paling sering digunakan, seperti dompet dan jaket yang Anda kenakan beberapa kali dalam seminggu. '

Penyimpanan sulit dijangkau

Ilustrasi penyimpanan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/KOSTIKOVA NATALIA Ilustrasi penyimpanan barang di rumah.
Jika anggota keluarga tidak dapat menjangkau barang yang dibutuhkan, mereka akan meminta bantuan orang untuk mengambilnya dan tidak dapat mengembalikannya sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, gabungkan penyimpanan yang dapat diakses oleh semua orang di rumah, termasuk anak-anak.

Pertimbangkan menyimpan buku dan mainan di rak rendah serta mengisi lemari yang mudah dijangkau dengan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 5 Ide Ruangan Penyimpanan di Rumah Kecil

Membuat laci berantakan

Laci mudah berantakan ketika barang-barang dimasukkan begitu saja tanpa pengaturan. Untuk mencegah laci berantakan,  atur barang-barang dengan baki kecil, mangkuk, pembatas, atau wadah. Tentukan tempat untuk setiap jenis barang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com