Kompas.com - 21/12/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi anjing labrador retriever. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi anjing labrador retriever.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melompat merupakan salah satu masalah perilaku yang umum di antara anjing. Ada beberapa orang yang cukup kesal dengan masalah perilaku anjing yang tiba-tiba melompat ke pangkuan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (21/12/2020) perilaku anjing ini bisa berbahaya bagi anak kecil, serta orang tua.

Sehingga, anjing yang sering melompat ke pangkuan ketika seseorang sedang duduk harus dikurangi atau dilatih agar tidak seperti itu.

Baca juga: Kenali Jenis Vaksin untuk Anjing dan Kucing

Ada sejumlah teori tentang mengapa anjing melompat ke atas manusia, salah satunya yang populer adalah dominasi dan perilaku mereka untuk menyapa.

Sebenarnya, anjing Anda mungkin melompat untuk berkata, "Lihat aku!" Atau ketika Anda secara tidak sengaja memberikan hadiah kepada anjing dan anjing melompat untuk berusaha meraihnya.

Melatih Anjing agar Tidak Melompat

Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk melatih anjing peliharaan agar tidak melompat ke pangkuan. Bersikap konsisten dan berikan penghargaan jika anjing tidak melakukan lompatan itu menjadi satu cara untuk melatihnya.

Cara selanjutnya untuk menghentikan anjing melompat ke pangkuan adalah dengan membalikan punggung serta menyilangkan lengan ke depan dada, namun jangan bersuara. 

Baca juga: 6 Jenis Anjing yang Memiliki Kepribadian Ramah, Apa Saja?

 

Cara ini untuk menunjukkan jika Anda tidak menyukai sikapnya. Jika anjing berlarian untuk melompat lagi, putar ke arah lain, hingga anjing berhenti melompat.

Metode lainnya adalah dengan menghindari anjing tersebut, jika anjing berlarian dan ingin melompat ke arah Anda, hindari atau berjalan ke arah yang berbeda. Ulangi hal ini hingga anjing mengerti jika perilakunya salah.

Hargai Perilaku Baik

Saat Anda berupaya mencegah lompatan yang tidak diinginkan, sediakan kudapan di dekat Anda.

Setelah anjing berdiri di depan Anda dengan keempat cakar di tanah, berikan camilan. Ini membantu untuk dapat mengatur situasi saat berlatih dengan anjing.

Misalnya, jika lompatan paling sering terjadi saat Anda pulang kerja, luangkan beberapa menit beberapa kali sehari untuk melatihnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X