Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Bawa, Ini 5 Tips Aman Mudik Bersama Hewan Peliharaan

Kompas.com - 13/04/2023, 09:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber SELF

JAKARTA, KOMPAS.com - Merencanakan mudik lewat perjalanan darat sudah cukup membuat stres menyiapkan semua kebutuhan, dari memetakan rute, berkemas barang-barang, hingga memesan tempat penginapan.

Perjalanan mudik semakin membuat stres bila menyertakan hewan peliharaan. Ada banyak hal lagi yang perlu dipersiapkan sebelum hari H tiba.  

Baca juga: Bahaya Meninggalkan Hewan Peliharaan Sendirian di Rumah Saat Mudik

Mudik bersama hewan peliharaan boleh-boleh saja, asalkan telah memeriksa kesehatan sahabat bulu terlebih dulu.

Pastikan juga apakah sahabat bulu dapat melakukan perjalanan dengan aman. Hewan yang sudah tua, sakit, atau terlalu cemas mungkin tidak dapat melakukan perjalanan.

Selain itu, ada beberapa hewan peliharaan yang tidak suka bepergian sehingga akan sangat rewel selama dalam perjalanan.

Berkonsulitasi terlebih dulu ke dokter sebelum membawa hewan peliharaan mudik seperti mengecek kesehatannya.  

Untuk  menjaga hewan tetap nyaman, berikut beberapa tips aman mudik bersama hewan peliharaan dilansir dari Self, Minggu (9/4/2023).  

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan di Rumah Sebelum Pergi Mudik, Apa Saja?

Jaga hewan peliharaan tetap aman dan terlindungi di dalam mobil 

Ilustrasi kucing tidur di koper, Ilustrasi membawa hewan peliharaan mudik.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kucing tidur di koper, Ilustrasi membawa hewan peliharaan mudik.
Mungkin jauh lebih menyenangkan, tetapi demi keselamatan semua orang, sebaiknya jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas atau duduk di pangkuan Anda saat di dalam mobil.

Menurut American Veterinary Medical Association (AVMA), anjing dan kucing harus berada di dalam gendongan. Gendongan dapat menampung anjing kecil atau kucing serta membantu meningkatkan kenyamanan hewan peliharaan selama perjalanan.

Sementara itu, kata AVMA, anjing yang lebih besar, yang tidak muat dengan nyaman di gendongan, harus memiliki tempat duduk sendiri dan harus memasang tali kekang ke sabuk pengaman. 

Pastikah hewan peliharaan tidak menjulurkan kepalanya ke luar jendela saat dalam perjalanan. Ini dapat membuat hewan jatuh sakit jika serpihan-serpihan terbang mengenai mata, telinga, atau hidungnya.

Selain itu, jangan meninggalkan hewan peliharaan tanpa pengawasan di dalam mobil meski di luar tidak terasa hangat, terutama jika bepergian saat bulan-bulan musim panas.  

Baca juga: Hewan Peliharaan Sebaiknya Dibawa Mudik atau Dititipkan?

Berlatih bepergian dengan hewan peliharaan sebelumnya 

Kimberly K. Baumgart, ahli perilaku hewan bersertifikat (CAAB), dari Kansas City, Amerika Serikat, mengatakan tips aman mudik bersama hewan peliharaan adalah melatihnya bepergian terlebih dulu dengan sahabat bulu untuk membantunya merasa nyaman berada di dalam mobil. 

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan:

1. Pengalaman pertama hewan peliharaan naik mobil harus menjadi hal positif. Salah satu cara membantu mewujudkan hal ini adalah menempatkan hewan dan membawa mainan favoritnya di dalam mobil.  Berlatih juga memasukkan hewan peliharaan ke mobil dengan gendongan. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com