Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2023, 10:55 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur merupakan salah satu area yang paling sering digunakan. Jika tidak ditata baik, berbagai peralatan dapur dan benda di atasnya mudah berantakan.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kerapian meja dapur, salah satunya memeriksa dan mengembalikan barang-barang ke tempatnya setelah digunakan. 

Dilansir dari Homes & Gardens, Sabtu (18/3/2023) berikut cara menjaga meja dapur tetap rapi.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Meja Dapur agar Tampak Cantik dan Fungsional

Beri tempat khusus untuk barang-barang

Ilustrasi meja dapur marmer.SHUTTERSTOCK / sommthink Ilustrasi meja dapur marmer.
Karena sering digunakan untuk beraktivitas, meja dapur dapat menyimpan berbagai barang, misalnya buku-buku pelajaran hingga uang receh.

Mulailah memberi tempat khusus untuk barang-barang ini sehingga meja dapur tidak berantakan.

Millie Hurst, section editor Homes & Gardens, menyarankan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau, tapi terletak di luar dapur, seperti dekat pintu.

Baca juga: 5 Barang yang Tak Perlu Diletakkan di Meja Dapur Menurut Ahli 

Kumpulkan barang-barang sejenis

Mengumpulkan barang-barang yang sejenis menjadi satu akan terlihat jauh lebih rapi daripada tersebar di meja dapur serta lebih mudah ditemukan dan digunakan. Periksa setiap hari untuk memastikan barang tetap berada di tempat seharusnya.

Amy Bloomer, professional organizer dari Let Yout Space Bloom, menyarankan barang-barang tersebut dikelompokkan di atas baki, bukan langsung di atas meja.

"Dengan begitu, semuanya bisa diangkat sekaligus saat Anda perlu mengelap sisi-sisinya atau bisa memindahkan semuanya untuk sementara waktu guna mengosongkan ruang di meja untuk memasak," katanya. 

Baca juga: 10 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Ditaruh di Meja Dapur

Cuci piring dengan segera

Mencuci piring dengan segera merupakan salah satu cara terbaik menjaga kebersihan meja. Jika membiarkan piring kotor di atas meja, akan semakin banyak piring kotor yang menumpuk di sana sepanjang hari dan mengundang "kekacauan" yang lain.

Amy menyarankan meminta anggota keluarga bertanggung jawab atas piringnya masing-masing sehingga tidak ada kesempatan menumpuk.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Loofah untuk Mencuci Piring dan Cara Pakainya

Simpan makanan kering dalam wadah

Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.Shutterstock/Foxys Forest Manufacture Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.
Tuangkan makanan kering yang tidak dapat disimpan di lemari dapur atau kulkas ke dalam stoples kaca. Kemasan makanan dapat terlihat mencolok, yang pada akhirnya menyebabkan visual berlebihan.

Pilih peralatan yang harus diletakkan di meja

Terlalu banyak peralatan dapat membuat dapur terasa berantakan. Karena itu, penting  membuat prioritas.

"Pertimbangkan menempatkan barang-barang lebih kecil seperti pemanggang roti dan blender di dalam lemari atau laci agar tetap mudah dijangkau tanpa harus dipajang," kata professional organizer, Caroline Solomon.

Baca juga: 10 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Ditaruh di Meja Dapur

Kembalikan barang ke tempat semestinya setiap malam

Membersihkan meja yang berantakan pada malam hari akan membuat Anda memulai keesokan harinya dengan pola pikir yang lebih jernih.

Lucy Mansey, professional organizer, menyarankan menjadikan hal tersebut bagian dari rutinitas. Luangkan waktu lima menit setiap malam untuk mengembalikan barang-barang seperti kunci, buku, dan yang barang-barang lainnya ke tempat semestinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com