Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Harus Membersihkan Setiap Permukaan di Dapur?

Kompas.com - 13/02/2023, 17:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah jantung sebuah rumah dan ruangan paling sibuk. Tak heran, dapur rentan mengalami kotor dan kekacauan.

Hal ini membuat dapur membutuhkan perawatan dan perhatian paling besar dalam hal membersihkan, mendisinfeksi, dan menyanitasi. 

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur Modern Bergaya Skandinavia, Nyaman dan Hangat

Namun, seberapa sering perlu membersihkan setiap permukaan dapur

GoCleanCo, sebuah akun Instagram yang sangat populer dan situs edukasi kebersihan, membagikan durasi membersihkan setiap permukaan dapur dan cara melakukannya seperti dilansir dari Southern Living, Senin (13/2/2023).

Kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.
Tim GoCleanCo. menyarankan membersihkan bagian luar kulkas setidaknya setiap minggu, tetapi mungkin perlu dilakukan setiap hari jika memiliki anak-anak dan hewan peliharaan. 

Kabar baiknya, Anda cukup membersihkan bagian luarnya dengan kain hangat dan sabun cuci piring.

Kulkas baja tahan karat juga akan mendapat manfaat dari semprotan pembersih khusus dan harus mengelapnya searah dengan serat baja untuk menghindari goresan. 

Baca juga: Hindari, Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Dapur

Untuk permukaan interior kulkas, harus dibersihkan setiap bulan, sementara pembersihan yang lebih menyeluruh harus dilakukan dua kali setahun dengan mengeluarkan laci dan rak-rak duntuk membersihkan semua sudut serta celah. 

CEO dan pendiri Sarah McAllister mengatakan membiarkan rak mencapai suhu ruangan sebelum mengelapnya dengan air hangat karena perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan kaca pecah. 

"Gunakan air panas dan pemutih untuk mendisinfeksi atau sabun cuci piring dan air panas guna membersihkan rak selama pembersihan menyeluruh." 

Baca juga: 5 Warna Dapur yang Menenangkan, Hijau hingga Warna Netral

Freezer 

Tergantung pada apa yang ada di dalam freezer, sebagian besar freezer hanya perlu dibersihkan dua kali setahun.

Hal ini perlu sedikit direncanakan karena perlu membiarkan freezer mencair sebelum membersihkannya dengan air panas dan pemutih.

Namun, Anda perlu sedikit usaha lebih jika Anda memiliki beberapa barang yang sudah lama hilang dan bersembunyi di bagian belakang.

"Jika memiliki deep freezer yang berbau busuk karena daging sudah membusuk, Anda bisa memasangnya dan mengisinya dengan koran yang sudah dihancurkan setelah  membersihkannya dengan baik. Biarkan selama 24-48 jam dan koran akan menyerap bau apa pun," ucap McAllister. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Dapur

Kompor

Ilustrasi membersihkan kompor tanam. SHUTTERSTOCK/HENADZI KILENT Ilustrasi membersihkan kompor tanam.
Apabila rutin memasak, bersihkan kompor secara rutin. Tim GoCleanCo. menyarankan menyekanya dengan Dawn Power Wash dan kain mikrofiber.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com