Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Gorden di Rumah agar Tak Bikin Menyesal

Kompas.com - 03/02/2023, 10:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.con - Gorden bukan hanya untuk menutupi jendela. Para profesional dalam desain interior berpandangan bahwa gorden tidak bisa dinegosiasikan selama proses desain.

Gorden selalu membuat ruangan terasa selesai, tidak peduli apakah tampilan tersebut adalah pusat perhatian atau latar belakang yang cantik untuk ruangan lainnya, kata interior desainer Jen Dallas, dikutip dari The Spruce, Jumat (3/2/2023).

Menurut desainer interior Sarah Montgomery dari Sarah Montgomery Design, gorden menambah ketinggian, lapisan, dan kelembutan pada ruangan. Ia juga menyatakan, gorden membuat ruangan tampak lebih sesuai dan lengkap.

Baca juga: 4 Cara Memilih Gorden Rumah Berdasarkan Feng Shui

Ilustrasi gorden pintu.SHUTTERSTOCK / Javier Ballester Ilustrasi gorden pintu.

Akan tetapi, jangan terburu-buru dalam proses pembelian gorden. Ternyata ada banyak faktor penting yang perlu diperhatikan saat memilih warna gorden untuk ruangan tertentu di rumah.

Para ahli mempertimbangkan apa yang harus diingat saat memilih warna tirai untuk ruangan, berikut beberapa di antaranya.

1. Jangan jadikan gorden sebagai barang pertama yang dibeli

Saat mendesain ruangan dari awal, gorden mungkin menjadi salah satu pembelian terakhir Anda.

Memilih warna gorden jangan menjadi pilihan pertama yang Anda buat saat mendesain ruangan, ujar Amy Peltier, dari Amy Peltier Interior Design & Home.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tanda Perlu Mengganti Gorden Segera

Faktanya, menurut Peltier, gorden harus menjadi salah satu pilihan terakhir yang Anda buat. Setelah Anda memilih warna cat, karpet, dan perabotan, Anda kemudian dapat menentukan apakah ingin gorden warna halus atau jika Anda ingin menambahkan aksen berani ke ruangan.

2. Perhatikan warna dinding

Saat tiba waktunya untuk mencari gorden, lihat cat dinding. Untuk rumah modern, Dallas suka memilih warna kain gorden yang satu tingkat lebih gelap atau lebih terang dari warna cat dinding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com