Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Spaniel Paling Populer dan Bersahabat

Kompas.com - 01/02/2023, 12:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara historis, anjing Spaniel dibiakkan untuk menjadi teman berburu yang kompak, atletis, dan antusias.

Anjing Spaniel unggul dalam menemukan, mengusir, dan mengambil hewan buruan di berbagai medan, termasuk air. 

Baca juga: Mengenal Anjing English Cocker Spaniel, dari Sejarah hingga Perawatan

Selain berburu, anjing Spaniel juga populer sebagai anjing peliharaan. Secara umum, anjing Spaniel dikenal cerdas, setia, patuh, penyayang, menyenangkan, dan cenderung rentan mengalami kecemasan berpisah jika terlalu sering ditinggal sendirian.

Kebanyakan ras anjing Spaniel berukuran sedang, memiliki telinga terkulai yang khas, moncong lebar, serta bulu keriting atau halus dan bergelombang di telinga, ekor, dan kakinya. 

Telinga yang panjang dan menggantung membuat anjing Spaniel lebih rentan terhadap infeksi telinga. Anjing Spaniel biasanya muncul dalam berbagai warna seperti merah hati dan putih, merah dan putih, hitam dan putih, terkadang coklat tua atau hitam.

Ada banyak spesies yang dimiliki ras anjing Spaniel. Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (1/2/2023), berikut ras anjing Spaniel paling populer dan bersahabat. 

Baca juga: 4 Anjing Jenis Collie yang Dapat Dipelihara di Rumah

Cavalier King Charles spaniel 

Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel. Shutterstock/BIGANDT.COM Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel.
Meski baru diakui secara resmi oleh AKC pada 1995, Cavalier King Charles memiliki warisan yang panjang.

Cavalier King Charles adalah anjing spaniel paling populer di Amerika Serikat saat ini. Popularitasnya dapat dikaitkan dengan kepribadiannya yang penuh kasih sayang, mudah bergaul, senang pergi, dan sangat ingin menyenangkan.

Meski ras yang aktif, energi Cavalier King Charles lebih tenang. Ras anjing ini awalnya dibiakkan sebagai anjing pendamping bangsawan Inggris.

Cavalier King Charles spaniel tidak membutuhkan banyak latihan seperti anjing spaniel pada umumnya dan merupakan pilihan populer untuk tinggal di apartemen. Cavalier adalah anggota AKC Toy Group dan berukuran lebih kecil dari kebanyakan spaniel.  

Baca juga: 6 Jenis Anjing Spitz Paling Terkenal di Dunia, Apa Saja?

American cocker spaniel

American cocker spaniel adalah salah satu ras anjing spaniel paling populer. Anjing ini merupakan ras terkecil dalam American Kennel Club Sporting Group.

Ukurannya yang kecil, kepribadian lincah, dan ekspresinya yang manis membuat American cocker spaniel disukai para pencinta anjing di seluruh dunia.

Anjing ini juga dikenal cerdas, atletis, menyenangkan, suka bermain. Selain itu, bisa senang bermain dengan anak-anak dan bergaul baik dengan anjing lain.

Bulu mereka membutuhkan perawatan tinggi dan perawatan rutin, kecuali jika dipotong pendek. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Hitam yang Populer dan Banyak Dipelihara

Papillon 

Ilustrasi anjing Papillon.Shutterstock/AndyBir Ilustrasi anjing Papillon.
Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa anjing Papillon adalah bagian dari kelompok spaniel. Anjing mainan ini dulunya memiliki telinga yang terkulai sebelum dikembangbiakkan secara selektif hingga memiliki telinga membentuk seperti kupu-kupu yang tegak sekarang ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com