Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Oven Tidak Memanas Sempurna dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 27/01/2023, 14:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak dengan oven sering kali lebih efisien dan mudah. Oven tidak hanya digunakan untuk memanggang kue, tetapi juga mamasak hidangan keluarga. 

Berbeda dengan wajan atau pemanggangan yang memasak makanan dengan panas langsung, oven memanaskan udara di dalam ruangan untuk menaikkan suhu hidangan secara bertahap. 

Baca juga: 7 Penyebab Oven Tidak Memanas dan Cara Memperbaikinya

Sayangnya, meski proses ini biasanya menghasilkan makanan yang matang secara merata, masalah tertentu dapat membuat makanan tidak terpanggang dengan sempurna. 

Oven yang tidak memanas sempurna bisa disebabkan pencairan suhu yang tidak merata. Ini adalah masalah yang ingin dipecahkan oleh model konveksi (yang memiliki kipas pada dinding belakang), tetapi sering kali sama rentannya.

Jeff Russell, pemilik Diamond Factory Service di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, ada beberapa penyebab oven tidak memanas secara merata dan cara memecahkan masalah tersebut.

Dilansir dari House Digest, Jumat (27/1/2023), berikut penyebab oven tidak memanas sempurna dan cara mengatasinya.  

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Distribusi suhu tidak merata

Ilustrasi oven.UNSPLASH / Erik Mclean Ilustrasi oven.
Masalah utama yang dihadapi memasak dengan oven adalah distribusi panas yang tidak merata. Kerusakan mekanis dan kesalahan pengguna dapat menyebabkan masalah ini. 

"Distribusi suhu yang tidak merata terjadi ketika satu bagian oven lebih panas dari yang lain, menghasilkan makanan yang dimasak berbeda di bagian berbeda," catat Russell.

Variasi suhu dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk pemanasan awal yang tidak memadai, kalibrasi yang salah, ventilasi tersumbat, atau masalah dengan elemen pemanas. 

Baca juga: Cara Membersihkan Oven Secara Menyeluruh Pakai Soda Kue

Suhu yang tidak merata di dalam unit oven dapat membuat proses memasak bermasalah. Misalnya, jika memanggang kue, gradien suhu di dalam unit dapat membuat kue di rak paling atas selesai dalam waktu yang ditentukan, sementara kue di bagian bawah tetap mentah.

Karena itu, memperbaiki masalah ini merupakan suatu keharusan, terlebih bila oven digunakan secara teratur.

Untuk memastikan hasil memasak yang merata, Russell menyarankan memaastikan oven sudah dipanaskan dengan benar sebelum digunakan. Cobalah berinvestasi dalam termometer oven untuk memantau dan menyesuaikan suhu sesuai kebutuhan.

Selain itu, mempertimbangkan berinvestasi dalam pelindung oven untuk membantu mengurangi turbulensi.  

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Oven di Samping Kulkas?

Elemen pemanas rusak

Ilustrasi oven.UNSPLASH / JOSBRA design Ilustrasi oven.
Selanjutny, penyebab oven tidak memanas  merata adalah elemen pemanas yang bermasalah. 

"Elemen pemanas yang rusak tidak adapat memanaskan seluruh oven dengan baik, mengakibatkan fluktuasi suhu yang dapat mempengaruhi kualitas makanan," ucap Russell.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com