Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Ikan Mas Koki, Peliharaan Presiden AS dan Bisa Dilatih

Kompas.com - 21/01/2023, 08:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan mas koki sering menjadi pilihan utama ketika ingin memelihara ikan di rumah lantaran minim perawatan, mudah ditemukan, dan memiliki tampilan menarik.

Ikan mas koki merupakan keturunan ikan mas Prusia yang pertama kali didomestikasi di Cina pada 2000 tahun silam. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ikan Mas Koki

Mutasi menghasilkan ikan dengan sisik berwarna cemerlang dan setelah bertahun-tahun berkembang biak, lahirlah ikan mas koki yang kita kenal sekarang ini. 

Ikan mas koki mungkin bukan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, tetapi memiliki sejumlah keinstimewaan yang menarik orang di seluruh dunia memeliharanya

DIlansir dari Mental Floss, Sabtu (21/1/2023), berikut beberapa fakta menarik ikan mas koki.  

Baca juga: 10 Jenis Ikan Mas Koki Berpenampilan Unik, Ada yang Matanya Menonjol

Ikan mas koki klasik berwarna hampir kuning 

Ilustrasi ikan mas koki.Shutterstock/dien Ilustrasi ikan mas koki.
Ikan mas koki memiliki banyak warna, tetapi warna oranye yang paling erat kaitannya dengan spesies ini.

Hal ini mungkin tidak akan terjadi jika bukan karena aturan yang diberlakukan pada masa Dinasti Song. Pada 1162 Masehi, kolam ikan mas koki sedang populer dan permaisuri pada saat itu memiliki kolam ikan yang dibangun dan diisi dengan ikan mas koki. 

Sang permasuri juga melarang semua orang yang bukan bangsawan untuk memelihara ikan berwarna kuning, warna kebesaran keluarga kerajaan. 

Baca juga: Berapa Kali Ikan Mas Koki Harus Diberi Makan? Ini Panduannya

Populer di Amerika pada abad ke-19 

Ikan mas koki menjadi ikan populer di kalangan pemilik hewan peliharaan di Amerika pada akhir abad ke-19 dan ini sebagian berkat Washington.

Menurut The Atlantic, Komisi Perikanan AS menerima impor ikan mas Jepang pada 1878 dan memutuskan memberikannya sebagai aksi publisitas.

Penduduk Washington dapat mengajukan permintaan mangkuk kaca berisi ikan mas. Puncaknya, 20 ribu ekor ikan mas koki dibagikan dalam setahun.

Kampanye ini berlangsung selama abad ke-19 dan pada satu titik, sepertiga dari semua rumah tangga di kota ini memiliki ikan mas yang disediakan pemerintah. 

Baca juga: 4 Kesalahan Memelihara Ikan Mas yang Harus Dihindari

Hewan peliharaan Gedung Putih 

Ilustrasi ikan mas koki varietas tanjo.Shutterstock/Buddy BIGPhotographer Ilustrasi ikan mas koki varietas tanjo.
Selanjutnya, fakta menarik ikan mas koki adalah menjadi hewan peliharaan Gedung Putih. Salah satu penduduk Washington yang terkenal ikut menggandrungi ikan mas koki pada akhir 1800-an adalah Presiden Grover Cleveland.

Di antara ratusan ikan yang diimpornya ke Washington adalah ikan mas Jepang. Namun, Grover bukan satu-satunya presiden yang memelihara ikan mas koki. Presiden Amerika k-40 Ronald Reagen juga memelihara ikan mas koki. 

Namun, Setelah Ronald Reagan ditembak pada 1981, seorang anak berusia 10 tahun dari New York mengirimkan ikan mas koki yang diberi nama Ronald Reagan Kedua dengan sebuah catatan berisi, "Saya harap Anda sembuh dan untuk membantu Anda sembuh, ini teman Anda... Beri dia makan setiap hari dan dia akan baik-baik saja."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com