Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Ikan yang Bisa Dipelihara Banyak dan Akur di Akuarium

Kompas.com - 16/12/2022, 15:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara. Memelihara ikan terbilang mudah dibanding hewan peliharaan populer seperti anjing dan ikan. 

Pasalnya, ikan tidak memerlukan tempat khusus dan memakan ruang untuk meletakkan akurium atau wadah yang menjadi tempat hidupnya. 

Baca juga: 7 Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Cupang dan Cara Mencegahnya

Selain itu, ikan tidak memerlukan banyak perhatian dari pemiliknya seperti pelatihan dan waktu bermain. Namun, ikan juga bisa merasa kesepian sehingga memerlukan teman.

Karena itu, saat memelihara ikan, disarankan memiliki lebih dari satu eko agar bisa saling mengibur serta tidak kesepian. 

Meski begitu, memelihara lebih dari satu ikan dalam satau akuarium tidaklah mudah. Pasalnya, beberapa jenis ikan tidak bisa hidup bersama atau salah satu ikan mengintimidasi ikan lain. Akibatnya, ikan bisa stres, depresi, bahkan mengalami kematian dini.

Untungnya, ada beberapa jenis ikan yang bisa hidup bersama dalam satu akuarium dengan damai. 

Dilansir dari Pet Helpful, Jumat (16/12/2022), berikut beberapa jenis ikan yang bisa dipelihara banyak dan akur dalam akuarium

Baca juga: 8 Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah 

Neon tetra

Ilustrasi ikan neon tetra.SHUTTERSTOCK / Grigorev Mikhail Ilustrasi ikan neon tetra.
Neon tetra adalah salah satu ikan paling populer yang dipelihara. Ikan biru dan merah kecil ini cocok untuk pemula serta mereka yang sudah berpengalaman. 

Neon tetra adalah ikan kawanan, yang berarti Anda perlu memelihara setidaknya enam ekor dalam satu akurium. Memelihara ikan neon tetra secara berkelompok dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang untuk hidup lama serta sehat.

Neon tetra adalah ikan yang damai dan tidak berbahaya bagi ikan lain di akuarium. Namun, bisa menjadi lincah satu sama lain saat stres. Pastikan menghindari menimbun terlalu banyak dan pantau kondisi air. 

Baca juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Usia Ikan Cupang 

Guppy 

Guppy adalah ikan kecil energik yang datang dalam berbagai varietas warna-warni. Ikan guppy berukura kecil sehingga tidak terlalu berbahaya bagi ikan lain di akuarium.

Sebaiknya, memelihara tiga ikan guppy dalam akurium dengan dua betina dan satu jantan. Ini membantu mengurangi beberapa perhatian asmara yang diterima wanita sebagai bagian dari proses pacaran.

Hal itu normal, tetapi ikan betina juga stres ketika banyak pelamar mencari perhatiannya tanpa henti.

Sama dengan neon tetra, ikan guppy bisa menjadi sedikit lincah jika terlalu stres. Memantau parameter air adalah salah satu cara memastikan ikan tetap sehat.  

Baca juga: Ketahui, Ini 8 Penyebab Ikan Stres 

Cory catfish

Cories adalah salah satu ikan catfish paling populer untuk akuarium rumah. Cory catfish juga menjadi ikan yang bisa dipelihara banyak dan akur dalam akuarium. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com