Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ikan Mas Koki

Kompas.com - 16/10/2022, 10:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias favorit. Ikan mas koki memiliki warna menarik serta dapat menjadi salah satu elemen dekorasi dalam ruangan.

Bahkan, dalam feng shui, ikan mas kok adalah simbol keberuntungan. Meski begitu, ikan ini memiliki perawatan cukup sulit. 

Baca juga: 10 Jenis Ikan Mas Koki Berpenampilan Unik, Ada yang Matanya Menonjol

Calvin, salah satu pengelola ikan hias dari Ron's Exotic Fish, mengatakan merawat ikan mas koki terbilang gampang-gampang susah dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti menjaga kualitas air akuarium.

Sebab, kualitas air yang buruk dapat mengganggu kesehatan ikan mas koki. Sebaliknya, air yang bersih dapat membuat ikan mas koki sehat dan terhindar penyakit.

Menurut Calvin, penggunaan air dapat digunakan dari mana pun, tapi terpenting adalah kadar pH air harus tujuh atau di batas normal. Setelah itu, mengganti air akuarium ikan mas koki setiap kali terlihat kotor. 

Baca juga: Berapa Kali Ikan Mas Koki Harus Diberi Makan? Ini Panduannya

Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki. PEXELS/CHAIT GOLI Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki.
"Ikan mas koki termasuk ikan yang berlendir sehingga menyebabkan air akuarium mudah kotor. Karena itu, harus mengganti air setiap kali kotor sebanyak 10-20 persen menggunakan air bersih," ucap Calvin ditemui Kompas.com dalam acara Kalikan Expo 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022). 

Ia juga menyarankan mengganti air akuarium secara keseluruhan setiap seminggu sekali untuk menjaga ikan mas koki tetap sehat.  

Selain itu, ukuran akuarium juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, meletakkan ikan mas koki dalam akuarium berukuran 90 sentimeter agar leluasa bergerak. 

Baca juga: Kenali, 6 Penyebab Ikan Mas Koki Berubah Warna Jadi Hitam

"Untuk akuarium 90 sentimeter, dapat menaruh sekitar delapan sampai 10 ikan mas koki agar tidak terlalu penuh," tambah Calvin. 

Calvin tidak menyarankan meletakkan ikas mas koki dalam fish bowl aquarium atau akuarium bentuk bulat,karena tidak dapat meletakkan filter dan oksigen.

"Ikan mas koki hidup dari oksigen yang dihasilkan dari aerator sehingga tidak direkomendasikan jika dimasukkan ke fish bowl aquarium yang kecil karena tidak bisa menggunakan alat tersebut," jelas Calvin.

Jika dirawat dengan benar, ikan mas koki dapat hidup lima hingga enam tahun, bahkan mampu bertahan hingga delapan tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com