Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Menarik Ikan Mas Koki, Peliharaan Presiden AS dan Bisa Dilatih

Ikan mas koki merupakan keturunan ikan mas Prusia yang pertama kali didomestikasi di Cina pada 2000 tahun silam. 

Mutasi menghasilkan ikan dengan sisik berwarna cemerlang dan setelah bertahun-tahun berkembang biak, lahirlah ikan mas koki yang kita kenal sekarang ini. 

Ikan mas koki mungkin bukan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, tetapi memiliki sejumlah keinstimewaan yang menarik orang di seluruh dunia memeliharanya

DIlansir dari Mental Floss, Sabtu (21/1/2023), berikut beberapa fakta menarik ikan mas koki.  

Hal ini mungkin tidak akan terjadi jika bukan karena aturan yang diberlakukan pada masa Dinasti Song. Pada 1162 Masehi, kolam ikan mas koki sedang populer dan permaisuri pada saat itu memiliki kolam ikan yang dibangun dan diisi dengan ikan mas koki. 

Sang permasuri juga melarang semua orang yang bukan bangsawan untuk memelihara ikan berwarna kuning, warna kebesaran keluarga kerajaan. 

Populer di Amerika pada abad ke-19 

Ikan mas koki menjadi ikan populer di kalangan pemilik hewan peliharaan di Amerika pada akhir abad ke-19 dan ini sebagian berkat Washington.

Menurut The Atlantic, Komisi Perikanan AS menerima impor ikan mas Jepang pada 1878 dan memutuskan memberikannya sebagai aksi publisitas.

Penduduk Washington dapat mengajukan permintaan mangkuk kaca berisi ikan mas. Puncaknya, 20 ribu ekor ikan mas koki dibagikan dalam setahun.

Kampanye ini berlangsung selama abad ke-19 dan pada satu titik, sepertiga dari semua rumah tangga di kota ini memiliki ikan mas yang disediakan pemerintah. 

Di antara ratusan ikan yang diimpornya ke Washington adalah ikan mas Jepang. Namun, Grover bukan satu-satunya presiden yang memelihara ikan mas koki. Presiden Amerika k-40 Ronald Reagen juga memelihara ikan mas koki. 

Namun, Setelah Ronald Reagan ditembak pada 1981, seorang anak berusia 10 tahun dari New York mengirimkan ikan mas koki yang diberi nama Ronald Reagan Kedua dengan sebuah catatan berisi, "Saya harap Anda sembuh dan untuk membantu Anda sembuh, ini teman Anda... Beri dia makan setiap hari dan dia akan baik-baik saja."

Selain itu, anjing peliharaan milik Presiden Nixon, Vicky, menjadi terkenal karena mengejar ikan mas tersebut di kolam Gedung Putih. 

Ada lebih dari 100 varietas 

Ikan mas koki memiliki tampilan yang mudah dikenali, tetapi ikan mas biasa bukan satu-satunya anggota spesies yang perlu diperhatikan.

Ikan mas koki terdiri atas puluhan jenis yang bervariasi dalam warna, bentuk, dan ukuran. Beberapa varietas dikenal karena pertumbuhan benjolan pada kepala, sementara yang lain karena sisik belang-belangnya.

Beberapa varietas yang spektakuler termasuk kepala singa, pompom, ekor kerudung, mata gelembung, dan shubunkin. 

Membedakan suara musik 

Sebagian ikan mas koki mudah dilatih sehingga menjadikan subjek penelitian yang populer.  Dalam salah satu penelitian yang dilakukan Universitas Keio, Jepang, ikan mas koki diajari untuk membedakan musik dari dua komposer klasik.

Satu kelompok dilatih untuk menggigit bola makanan ketika mendengar musik karya Johann Sebastian Bach. Kelompok kedua diajari melakukan hal yang sama, tapi dengan Igor Stravinsky.

Ketika para ilmuwan menukar komposer, ikan mas koki itu tidak lagi menunjukkan ketertarikan untuk makan, tapi menunjukkan bahwa mereka dapat membedakan antara kedua musik tersebut. Membedakan suara musik ini menjadi fakta menarik ikan mas koki. 

Ikan mas koki tertua hidup sampai usia 43 tahun 

Memelihara ikan mas koki tidak seharusnya menjadi komitmen seumur hidup. Namun, dengan perawatan tepat dan gen yang baik, ikan mas koki bisa hidup lebih lama.

Ikan mas koki tertua di dunia, hadiah karnaval bernama Tish, mati pada 1999 pada usia 43 tahun. Menurut pemiliknya, rahasia umur panjang Tish adalah sinar matahari sesekali dan memberi makan secukupnya. 

Nah, itu dia sejumlah fakta menarik ikan mas koki. Bagaimana Anda tertarik memeliharanya di rumah? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/21/081700876/7-fakta-menarik-ikan-mas-koki-peliharaan-presiden-as-dan-bisa-dilatih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke