Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2022, 14:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali roti yang kita beli tidak dikonsumsi hingga habis saat itu juga. Namun demikian, menyimpan roti terlalu lama di ruangan bisa menyebabkan roti berjamur dalam beberapa hari.

Untuk menyimpan roti dalam waktu cukup lama, Anda bisa menyimpannya di freezer. Dikutip dari Food Network, Senin (26/12/2022), dalam beberapa kasus, bahkan lebih baik membekukan roti daripada membiarkannya di atas meja.

Kapan harus menyimpan roti di freezer?

Roti yang masih baru memiliki umur simpan yang relatif singkat. Jika Anda langsung tahu bahwa Anda tidak akan bisa memakan semuanya dengan cepat, masukkan roti ke dalam freezer.

Baca juga: Cara Menyimpan Roti agar Lebih Tahan Lama, Bisa di Freezer

Ilustrasi roti, beragam jenis roti.UNSPLASH/MOHAMED HASSOUNA Ilustrasi roti, beragam jenis roti.

Kualitas roti menurun karena mulai kehilangan kelembapan, yang terjadi hampir seketika. Setelah satu atau dua hari, baguette atau roti lainnya menjadi keras atau bahkan berjamur.

Aturan praktis menyimpan roti adalah jika Anda mengonsumsi roti lebih sedikit dari yang Anda beli, maka segera bekukan setengahnya untuk dinikmati nanti. Untuk hasil terbaik, sangat penting untuk membekukan roti saat masih segar.

Berapa lama roti bisa disimpan di freezer?

Dikutip dari Busby's Bakery, Anda dapat membekukan roti yang dibeli di toko hingga sembilan bulan. Roti dapat dibekukan tanpa batas waktu, namun kualitas roti akan menurun ke tingkat yang tidak dapat dimakan seiring waktu.

Untuk kualitas terbaik, bekukan pada hari pembelian dan konsumsi roti beku dalam waktu enam bulan.

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Roti di Kulkas?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com