Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2022, 12:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua makhluk hidup akan mengalami penuaan, termasuk anjing. Anak anjing yang awalnya kecil menggemaskan beranjak tumbuh besar, kemudian mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, baik secara fisik maupun mental.

Namun, proses penuaan yang dialami setiap anjing berbeda, tergantung pada ras dan ukuran anjing. 

Baca juga: 6 Kesalahan Pemilik yang Menyebab Anjing Depresi

Misalnya, ras anjing besar seperti Great dane dianggap tua atau senior pada usia sekitar enam tahun. Seekor ras anjing kecil, seperti Chihuahua, belum dianggap tua sampai berusia tujuh hingga 10 tahun.

Semakin Anda terbiasa dengan tanda-tanda tipikal penuaan, semakin cepat membantu anjing melawan penuaan atau memperlambat proses tersebut. 

Tanda-tanda penuaan pada anjing ini dapat diamati dari perubahan fisik dan mentalnya. Dikutip dari AKC, Kamis (15/12/2022), berikut tanda-tanda penuaan pada anjing, baik secara fisik maupun perilaku atau mental. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Bichon Frise, Si Kecil yang Disukai Bangsawan

Tanda-tanda penuaan pada anjing secara fisik

  • Mata berawan atau kesulitan melihat

Ilustrasi anjing Corgi.Unsplash/heyhoneybunny Ilustrasi anjing Corgi.

Kekeruhan mata (nuclear sclerosis) dapat terjadi secara bertahap sehingga tidak langsung menyadarinya.

Meski ini cukup umum terjadi pada anjing senior dan tidak mempengaruhi penglihatan, ini juga bisa menjadi tanda katarak atau penyakit mata lainnya, yang sebagian besar mudah diobati.

Kondisi ini bisa membuat anjing peliharaan mulai menabrak benda atau kesulitan menemukan mainan di lantai atau benda lain yang dikenalnya. Ini bisa menandakan kehilangan penglihatan. 

Baca juga: 6 Penyebab Anjing Bersembunyi di Kolong Tempat Tidur

  • Napas terengah-engah

Selanjutnya, tanda-tanda penuaan pada anjing adalah napas terengah-engah. Anjing yang tiba-tiba mengalami napas tidak enak bisa mengindikasikan penyakit gusi, kerusakan gigi, atau infeksi.

Sistem kekebalan anjing melemah seiring bertambahnya usia dan mereka tidak mampu melawan infeksi semudah saat masih muda.

Seiring dengan pembersihan gigi yang baik, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengobati infeksi.  

  • Memperlambat atau kesulitan berkeliling

Anjing yang lebih tua akan mengalami masalah pergerakan dan persendian seperti kesulitan turun-naik tangga dan melompat ke dalam mobil.

Anda mungkin melihat kelemahan di kaki belakang anjing. Selain radang sendi, masalah mobilitas anjing ini dapat disebabkan penyakit degeneratif lainnya.

Segera memeriksakan kondisi anjing. Dokter hewan akan meresepkan obat atau suplemen, tapi Anda juga harus mengajak anjing berolahraga dengan berjalan lebih lambat dan pendek atau berenang. 

Baca juga: 5 Cara Memperkenalkan Anjing Peliharaan ke Rumah Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com