Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kegunaan Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 06/11/2022, 16:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam tips seputar membersihkan dan mendisinfeksi rumah yang menyarankan penggunaan hidrogen peroksida karena dianggap mampu efektif membersihkan serta membunuh kuman. 

Namun, apa itu hidrogen peroksida? Amankah digunakan?

Baca juga: Simpan Hidrogen Peroksida di Samping Sabun Cuci Piring, Ini Manfaatnya

Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia H2O2 yang terdiri atas dua atom hidrogen dan dua atom oksigen.

Biasanya, hidrogen peroksida dijual dalam konsentrasi 3 persen hingga 12 persen dan memiliki kemasan botol berwarna coklat tua untuk mencegah senyawa terurai menjadi air biasa karena terpapar panas, cahaya, dan udara. 

Dekomposisi ini tidak berbahaya, tetapi jika desisan tidak terlihat ketika hidrogen peroksida digunakan, artinya cairan sudah berubah menjadi air biasa.

Untuk hasil terbaik, sebotol hidrogen peroksida sebaiknya digunakan dalam waktu sebulan setelah dibuka. Namun, biasanya, hidrogen peroksida dapat bertahan selama enam bulan.  

Nah, disadur dari The Spruce, Minggu (6/11/2022), berikut beragam kegunaan hidrogen peroksida untuk membersihkan berbagai permukaan dan benda di rumah.

Baca juga: Manfaat Hidrogen Peroksida untuk Tanaman Hias dan Cara Menggunakannya

Sanitasi alat kecantikan

Ilustrasi hidrogen peroksida.SHUTTERSTOCK / ZikG Ilustrasi hidrogen peroksida.

Setiap kali menggunakan pinset, peralatan manikur atau pedikur, dan penjepit bulu mata, mereka bersentuhan dengan kotoran tubuh dan bakteri.

Karena itu, perlu disanitasi dengan mencelupkan atau menggosoknya dengan sedikit hidrogen peroksida.

Menyegarkan spons pencuci piring

Spons pencuci piring dapat menampung bakteri, termasuk E.coli dan Salmonella. Kamu bisa mendisinfeksinya setiap hari menggunakan larutan 50 persen air dan 50 persen hidrogen peroksida.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Spons Dapur

Membasmi bakteri di talenan

Setiap kali menggunakan talenan kayu atau plastik, goresan kecil akan muncul dan dapat menjebak bakteri. Untuk mengatasinya, semprotkan hidrogen peroksida secara merata, lalu cuci hingga bersih. 

Membersihkan kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/CELTSTUDIO Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.
Saat membersihkan semua bagian dalam kulkas, semprot hidrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang tertinggal. Diamkan selama beberapa menit agar senyawa bekerja dan seka seluruh area yang disemprot dengan air biasa.

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi, Cukup Pakai Pasta Gigi

Membersihkan nat ubin kamar mandi

Nat ubin kamar mandi bisa kotor dan ditumbuhi jamur. Salah satu cara terbaik membunuh jamur adalah menggunakan hidrogen peroksida.

Senyawan ini juga bisa memutihkan nat ketika dicampur dengan baking soda. Aduk campuran hingga teksturnya membentuk asta, oleskan ke nat ubin, diamkan selama lima menit, dan bersihkan pakai air biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com