Kompas.com - 05/10/2022, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Spons menjadi benda dapur yang sering digunakan hampir setiap hari untuk membersihkan piring, peralatan makan, serta peralatan memasak. 

Untuk itu, penting memperhatikan penggunaan spons, material yang digunakan, kapan harus menggantinya, dan berapa banyak barang yang diseka spons?

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Rabu (5/10/2022), berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan saat menggunakan spons dapur

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mengganti Spons Mandi? Ternyata Harus Rutin

Material spons

Ilustrasi spons cuci piring. FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi spons cuci piring.
Menggunakan spons yang terbuat dari busa poliuretan, yang biasanya berwarna kuning cerah dengan lapisan penggosok plastik yang terpasang, sebenarnya berbahaya bagi lingkungan. 

Hal ini karena spons tidak terurai di tempat pembuangan sampah setelah dibuang. Lebih ironis, spons tersebur tidak dapat digunakan dalam waktu lama. 

Sebagai alternatif, gunakan spons selulosa yang terbuat dari tumbuhan alami atau serat kayu. Spons ini biasanya lebih kuat daripada versi poliuretan dan mudah terurai sebagai limbah.

Penting dicatat, pembersih jenis kain juga memiliki mikroplastik kecil di dalamnya, yang menurut penelitian baru tidak hanya masuk ke makanan laut yang Anda konsumsi, tetapi juga tubuh sendiri. 

Baca juga: 3 Area di Dapur yang Bisa Berjamur, Salah Satunya Spons Cuci Piring

Berkontribusi menyebarkan kuman di rumah

Spons dapur perlu dibersihkan secara teratur untuk mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam serat dan lapisannya.

Selam penggunaan itu, spons dapur menyimpan serta mendistribusikan kembali kuman dan bakteri ke semua area permukaan dapur.  

Seberapa sering harus membersihkan spons?

Ilustrasi spons cuci piring. FREEPIK/USER3082032 Ilustrasi spons cuci piring.
Dapur ternyata lebih mungkin menjadi sarang bakteri daripada kamar mandi, apalagi spons sering kali lebih bekerja keras. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.