Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing dengan Lari Tercepat di Dunia, Ada sampai 72 Kilometer

Kompas.com - 06/11/2022, 13:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak anjing memiliki beberapa keunggulan dibanding manusia dalam hal berlari. Bahkan, beberapa ras anjing dapat berlari sangat cepat dibanding lainnya. 

Berlari adalah olahraga bagus untuk anjing dan berlari bersama anjing peliharaan bisa menjadi cara bagus membangun ikatan. Namun, banyak orang menjauhi anjing berenergi tinggi ketika mencari hewan peliharaan.

Baca juga: Betulkah Anjing Dapat Mendeteksi Kehamilan pada Manusia?

Mencari ras anjing mana yang paling cepat berlari tidak sesederhana kelihatannya. Secara umum, sebagian besar anjing dapat berlari sekitar 24-32 kilometerper jam untuk jarak pendek.

Anjing yang ramping dan berkaki panjang dengan dada yang dalam (artinya paru-paru besar) cenderung dapat berlari paling cepat, sekitar 40-72 kilometer per jam. 

 

Namun, ras anjing kecil dengan kaki pendek seperti Shih tzu atau ras anjing besar seperti St. Bernard cenderung berlari lebih lambat karena gaya berjalan yang pendek serta bobot tubuh yang berat.

Sementara anjing lain mengalami kesulitan berlari cepat karena tidak bisa bernapas cukup baik. Mereka adalah anjing brachycephalic atau berwajah datar dengan moncong pendek seperti Pug, Bulldog, dan Basset hounds. 

Nah, dilansir dari Reader's Digest, Minggu (6/11/2022), berikut deretan ras anjing dengan lari tercepat di dunia.  

Baca juga: Bisakah Mengadopsi Anjing Polisi yang Sudah Pensiun? Ini Aturannya

Greyhound

Ilustrasi ras anjing Greyhound. SHUTTERSTOCK/ALEXANDRA MORRISON PHOTO Ilustrasi ras anjing Greyhound.
Greyhound adalah ras anjing dengan lari tercepat di dunia. Greyhound berlari dengan suspensi ganda, yang berarti bahwa tubuh berkontraksi dan memanjang saat mereka berlari dengan keempat kaki meninggalkan tanah di setiap gerakan.

Ketika berlari, kaki anjing Greyhound menyentuh tanah hanya 25 persen. Anjing tercepat di dunia dapat mencapai kecepatan tertinggi dalam enam langkah hingga kecepatan 72 kilometer per jam. 

Namun, meski dapat berlari cepat, Greyhound dikenal sebagai anjing yang senang meringkuk di sofa sekitar 18 jam sehari.

Tak heran, terlepas dari ukuran dan kecepatannya, membuat Greyhound menjadi anjing apartemen yang ideal. 

Baca juga: Seberapa Cerdas Anjing Labrador Retriever? Ini Penjelasannya 

Saluki

Berasal dari Timur Tengah, Saluki adalah ras anjing pemburu kuno. Anjing Saluki digunakan oleh raja untuk memburu permainan cepat seperti kijang dan telah mempertahankan keterampilan berlari mereka hari ini.

Saluki memiliki penampilan mirip dengan anjing Greyhound dengan pinggang kecil dan dada yang dalam. Saluki adalah anjing yang sangat cantik dengan telinga panjang, berbulu, telinga terkulai, dan pembawaan yang lembut.

Seperti Greyhound, Saluki adalah anjing pengintai—anjing yang berburu, terutama dengan melihat daripada mencium, sehingga memiliki dorongan mangsa yang tinggi.

Saluki memiliki daya tahan lebih dari Greyhound dan dapat menjadi teman berlari yang lebih baik di antara ras anjing dengan lari tercepat. Mereke bisa berlari mencapai 67 kilometer per jam. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Paling Berbahaya di Dunia 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com