Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Wadah Plastik

Kompas.com - 06/11/2022, 10:44 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang senang menyimpan wadah plastik yang didapat ketika memesan makanan online. 

Wadah plastik ini bisa digunakan kembali untuk menyimpanan makanan sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli wadah baru. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Sabun Cuci Piring dari Botol Minum Plastik

Namun, terkadang wadah plastik yang digunakan dapat meninggalkan bau dari makanan yang disimpan sebelumnya. Bahkan, meski telah dicuci, terkadang baunya sulit dihilang serta dapat mempengaruhi rasa makanan yang disimpan setelahnya. 

Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Dilansir dari The Kitchn, Minggu (6/11/2022), berikut enam bahan alami untuk menghilangkan bau dari wadah plastik. 

Koran

Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.

Koran menjadi bahan pertama yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap dari wadah plastik. Caranya, remas koran menjadi bulat, kemudian masukkan ke wadah plastik, tutup, dan biarkan semalaman atau lebih. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Kusam dan Bernoda

Arang

Masukkan sebongkah arang ke wadah plastik yang berbau, lalu tutup wadah, dan diamkan hingga bau di dalam wadah terserap oleh arang hingga menghilang. 

Baking soda 

Sediakan baking soda dan air untuk membuat pasta, aduk hingga keduanya bercampur. Setelah kental, oleskan pasta pada bagian dalam wadah plastik yang berbau, diamkan selama satu atau dua hari, dan bilas hingga bersih. Ulangi sampai bau benar-benar menghilang. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Saus pada Wadah Plastik 

Air perasan lemon

Air perasan lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau dari wadah plastik. Caranya, bilas wadah palastik menggunakan air perasa lemon atau gosok dengan potongan lemon ke seluruh permukaan wadah plastik. 

Biarkan selama beberapa menit, lalu cuci wadah palstik seperti biasa, dan bilas hingga bersih. 

Bubuk kopi

Bubuk kopi yang telah digunakan, baik dalam keadaan basah maupun kering, bisa ditaruh ke dalam wadah plastik. Diamkan selama beberapa menit hingga bau tidak sedap menghilang.

Baca juga: Stop Menaruh Wadah Plastik ke Dalam Microwave, Ini Bahayanya

Sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya berguna untuk proses fotosintesis pada tanaman, tapi juga membantu menghilang bau tidak sedap dari wadah plastik.

Caranya, buka tutup wadah plastik, lalu jemur wadah bersama tutupnya di bawah sinar matahari selama beberapa menit. Apabila mencium baunya sudah hilang, segera mencuci wadah plastik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com