Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2022, 11:22 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan wadah plastik cukup membantu dalam merapikan dapur lantaran bisa menyimpan bumbu dapur dan beragam bahan makanan.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa bumbu dapur dan bahan makanan yang meninggalkan noda pada wadah plastik seperti saus tomat atau hidangan spageti dan kari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Sabun Cuci Piring dari Botol Minum Plastik

Beberapa noda ini juga bisa membuat wadah plastik berubah warna sehingga tampilannya kurang menarik serta membuat hidangan yang disimpan kurang higienis.

Dilansir dari The Kitchn, Minggu (6/11/2022), ada dua cara menghilangkan noda pada wadah plastik yang mudah dicoba sebagai berikut.

Cuka putih suling

Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94 Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.

Cuka putih suling bisa digunakan untuk membantu menghilangkan noda pada wadah plastik. Caranya, isi wadah dengan 50 persen air dan 50 persen cuka putih suling atau perbandingan 1:1. 

Setelah itu, diamkan larutan selama 30 menit atau semalaman atau hingga noda yang menempel terlihat memudar. Bilas hingga bersih sebelum wadah digunakan kembali.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Wadah Plastik? Ini Penjelasannya

Baking soda

Cara lain, menggunakan baking soda bila cuka putih suling kurang ampuh. Pertama-tama, taburkan beberapa jumput baking soda ke dalam wadah.

Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit dan gunakan kain lap untuk menggosok baking soda ke seluruh permukaan wadah yang terdapat noda. 

Baking soda adalah bahan dapur yang cukup abrasif, tetapi tidak terlalu merusak wadah plastik. Sifat abrasifnya dapat membantu mengangkat noda yang menempel pada wadah plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com