Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Mudah Membersihkan Kompor Kaca dengan Benar

Kompas.com - 27/10/2022, 09:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor kaca memiliki tampilan yang modern dan elegan, sehingga cocok diletakkan di berbagai gaya desain rumah. Selain fungsinya untuk memasak, menggunakan kompor jenis ini akan meningkatkan tampilan dapur.

Akan tetapi, saat memiliki kompor kaca, Anda harus mengetahui cara membersihkannya dan memastikan tidak menimbulkan risiko kerusakan. 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa meskipun disebut sebagai kompor kaca, Anda tidak boleh menganggapnya sebagai kaca ketika harus dibersihkan, artinya produk pembersih kaca komersial harus dihindari untuk membersihkan kompor.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Gas Portable

Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan spons basah.Dok. Shutterstock/ART_Photo_DN Ilustrasi membersihkan kompor induksi menggunakan spons basah.

Produk-produk ini biasanya mengandung amonia, yang dapat merusak permukaan kompor kaca. Jika ragu, periksa kembali bahan-bahan yang tercantum pada kemasan dan lewati semua formula yang mengandung amonia.

Akan tetapi, dilansir Woman and Home, Kamis (26/10/2022) kabar baiknya adalah ada solusi sederhana dan alami untuk digunakan, jadi membersihkan kompor kaca dan tidak harus menjadi tugas yang sulit.

Faktanya, yang hanya butuhkan hanyalah sekitar 20 menit dan beberapa barang umum dari lemari dapur. 

Chris Wootton, direktur pelaksana perusahaan pembersih rumah tangga Poppies mengatakan, aturan emas untuk membersihkan kompor kaca adalah lebih sedikit lebih baik.

 

Baca juga: Kenapa Kompor Induksi Mengeluarkan Suara? Penyebab dan Solusinya

Tentu saja tidak perlu mengeluarkan peralatan berat dan menggunakan bahan kimia yang mahal. Dari perawatan harian hingga pembersihan mendalam mingguan, jaga agar kompor kaca tetap terlihat bagus dengan langkah-langkah sederhana ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com