Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Mengecat Ulang Setiap Ruangan di Rumah

Kompas.com - 21/10/2022, 17:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Lapisan cat membuat dinding ruangan menjadi lebih hidup dan memiliki nuansa berbeda.

Warna cat yang lebih terang akan memberikan nuansa lapang. Sebaliknya, warna yang lebih gelap akan memberikan kesan lebih kecil dan sempit pada ruangan. 

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental

Namun, terlepas dari warna cat, ada satu faktor yang harus diperhatikan, yakni daya tahan cat. Untuk memberikan tampilan baru atau seperti pertama kali dicat, lapisan cat harus diperbarui setiap kali ada yang kusam atau rusak. 

Mengecat ulang ruangan dapat dilakukan sesuai dengan keinginan Anda, terlebih jika ingin mengganti suasana baru dalam ruangan.

Jika tidak sedang bereksperimen dengan ide warna cat baru, cara terbaik adalah mengecat ulang ruangan setiap tiga hingga lima tahun sekali agar dinding tetap terlihat segar serta cerah.

Untuk memberikan tampilan baru pada ruangan, berikut panduan mengecat setiap ruangan di rumah dilansir dari Living etc, Jumat (21/10/2022).  

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Apa Saja? 

Dapur

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur.
Dapur memiliki lalu lintas kegiatan yang padat dan rentan terkena berbagai noda, dari percikan minyak, uap, hingga asap. Semua noda ini akan menumpuk pada dinding seiring waktu.

"Dapur harus dicat ulang setiap empat sampai lima tahun untuk menghilangkan noda dan bau. Jangan lupa dinding perlu dibersihkan sebelum mengecatnya," ungkap Matt Kunz, President di Five Star Painting. 

Pintu masuk atau lorong

Karena ruang-ruang ini memiliki lalu lintas paling banyak, tak jarang dinding di area pintu masuk atau lorong kerap menunjukkan tanda lecet serta goresan paling banyak.

Matt menyarankan mengecatnya setiap dua hingga tiga tahun agar tetap bersih dan cerah. 

Baca juga: 9 Kombinasi Warna Cat yang Cocok Diaplikasikan di Dapur Kecil 

Kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru cerah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru cerah.
Kamar tidur anak-anak membutuhkan pengecatan ulang lebih sering daripada kamar tidur dewasa.

"Kamar tidur utama dan ruang tamu mungkin bisa bertahan sekitar 10 tahun tanpa lapisan cat baru. Tapi, jika mencari tampilan baru untuk rumah, pengecatan warna adalah cara yang murah dan mudah untuk melakukannya," ujar Matt.   

Baca juga: 5 Warna Cat yang Harus Dihindari untuk Ruangan Kecil

Plafon

Menurut Matt, plafon biasanya tidak perlu dicat ulang, kecuali jika ruangan mengalami kerusakan air atau jamur.

Namun, jika ingin mengecat ulang seluruh ruangan, lapisan cat baru pada plafon dapat membantu mencocokkan kilau dan tampilan pembaruan yang Anda buat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com