Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kombinasi Warna Cat yang Cocok Diaplikasikan di Dapur Kecil

Kompas.com - 20/10/2022, 14:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk dapur kecil memerlukan beberapa pertimbangan. Namun, paling penting skema warna yang digunakan tidak membuat dapur kecil terasa sesak.

Putih dingin, warna tanah yang hangat, pastel pantai, bahkan warna primer dapat digunakan untuk mempersonalisasi dapur kecil. 

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Dapur Sederhana, Cocok untuk Dapur Kecil

Skema warna tidak boleh mengalihkan perhatian dari tugas memasak serta harus mengikat dapur ke ruang yang berdekatan, yang pada gilirannya menyebabkan dapur kecil tampak lebih besar. 

Cobalah membatasi warna di dapur kecil hanya dua atau tiga warna, kemudian tambahkan aksen warna cerah sehingga membuat desain dapur tidak terasa berantakan atau terlalu sibuk.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (20/10/2022), berikut kombinasi warna cat yang cocok diaplikasikan di dapur kecil. 

Baca juga: 7 Inspirasi Dapur Kecil agar Tampak Lebih Luas

Biru laut, coklat, dan putih cerah

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Memiliki dapur kecil tidak berarti harus menjauhi warna gelap. Anda dapat menggunakan warna jenuh secara strategis.

Untuk menghindari ruangan menjadi terlalu sempit, gunakan nada yang dalam seperti biru laut secukupnya dan tambahkan kontras dengan banyak warna putih cerah.

Skema warna dapur kecil ini menerapkan warna biru tua di seluruh kitchen island dan deretan lemari tertentu.

Saat dipasangkan dengan backsplash putih dan perlengkapan putih, tampilannya akan cerah dan tajam. Sedangkan warna coklat dapat diperoleh dari meja kayu kitchen island yang dapat menambahkan kehangatan dan tekstur ke ruangan. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Dapur Kecil Tampak Lebih Besar dan Cantik

Hijau zaitun, putih hangat, dan finishing kayu 

Warna yang diambil dari alam membentuk skema warna yang menyegarkan di dapur kecil. Mulailah dengan warna dasar putih hangat, lalu tambahkan kedalaman dengan nada kayu alami atau warna netral bersahaja.

Warna hijau zaitun menjadikan aksen warna yang indah, yang mempertahankan motif back-to-nature. Rona organik menambah kontras menarik tanpa membuat dapur kecil terasa gelap. 

Baca juga: 9 Cara Mendesain Dapur Minimalis Menurut Desainer Interior

Putih, biru, dan kuning

Ilustrasi dapur modular, ilustrasi dapur minimalis atau dapur kecil.Unsplash/Rune Enstad Ilustrasi dapur modular, ilustrasi dapur minimalis atau dapur kecil.
Kombinasi warna cerah ini memperbesar dapur kecil dan membuka berbagai kemungkinan desain. Dinding, plafon, dan backsplash berwarna putih memantulkan cahaya dan membuat dapur tampak lebih besar.

Pilih warna cat putih bersih untuk dinding dan lemari, lalu gunakan bangku bar biru dan pajangan peralatan makan kuning ceria.

Pertimbangkanmengecat pintu dapur atau lemari tunggal dengan salah satu warna cerah untuk aksen menonjol. 

Finishing kayu dan putih

Warna cat untuk dapur kecil tidak harus berani. Ide dapur warna terang seperti palet putih menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com