Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Segera Ada Pameran Ikan Hias Air Tawar di JIExpo Kemayoran

Kompas.com - 10/10/2022, 16:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKalikan Expo adalah pameran ikan hias air tawar yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXpo) Kemayoran pada 14-16 Oktober 2022.

Pameran yang didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini menawarkan beragam kegiatan menarik untuk diikuti masyarakat.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Mas Koki Berpenampilan Unik, Ada yang Matanya Menonjol

COO Kalikan, Ardani Yusuf Prawira, mengungkapkan, banyak pembicara dari pegiat digital dan teknologi dan pihak KKP yang akan mengadakan talk show seputar industri ikan hias air tawar, regulasi, dan hal-hal terbaru dalam industri tersebut.

“Ada juga fish talk, pembicaranya para penghobi ikan hias air tawar di Indonesia. Lalu soal bagaimana cara meningkatkan ikan untuk kontes, misalnya,” tuturnya dalam konferensi pers Kalikan di KKP, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Ilustrasi ikan mas koki.PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi ikan mas koki.

Kalikan adalah digital marketplace yang dikembangkan untuk menumbuhkan ekosistem digital bagi para UMKM ikan hias air tawar. Mereka berfokus pada bidang pemasaran dan jual beli ikan hias air tawar.

Ardani melanjutkan, masyarakat juga bisa mendapat edukasi seputar cara budi daya ikan hias air tawar dengan mudah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan ikan hias.

Baca juga: 5 Jenis Ikan yang Dapat Dipelihara Bersama Ikan Discus

Menurutnya, ada beragam keuntungan dari UMKM dan pengunjung yang berpartisipasi dalam Kalikan Expo. Dari segi bisnis, misalnya, setiap UMKM bisa melakukan matching business.

“Banyak UMKM menjual barang-barang yang berkaitan dengan ikan, ikannya sendiri, pakan ikan, dan banyak sekali. Bisa terjadi multiplier effect di ruang umum. Di Kalikan Expo bisa saling bertemu langsung,” terang Ardani.

Bisa menyaksikan lomba ikan hias

Ardani mengatakan, selama penyelenggaraan pameran yang berjalan selama tiga hari ini, para pengunjung bisa melihat-lihat berbagai macam booth dari para UMKM yang berpartisipasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com