Kompas.com - 05/10/2022, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor listrik kini semakin banyak digunakan oleh pemilik rumah. Salah satu keuntungan kompor listrik adalah efisien dan bisa menghemat pengeluaran.

Dikutip dari Hunker, Rabu (5/10/2022), kompor listrik terkadang unggul karena diyakini sebagai pilihan yang lebih aman di antara keduanya. Namun, penting untuk mempertimbangkan kelemahan kompor listrik juga, sehingga Anda dapat memutuskan apakah itu benar-benar cocok untuk Anda.

Berikut beberapa kelemahan kompor listrik yang perlu diketahui. 

Baca juga: Kompor Gas Vs Kompor Induksi, Mana Lebih Efisien?

Ilustrasi kompor listrik. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi kompor listrik.

1. Tidak dapat digunakan saat listrik padam

Karena kompor listrik membutuhkan listrik untuk digunakan memasak, Anda tidak dapat memasak di atas kompor listrik jika ada masalah dengan catu daya listrik.

Ketika pemadaman listrik terjadi di lingkungan Anda karena badai atau pohon tumbang, Anda harus menemukan metode memasak alternatif.

Di sisi lain, Anda masih bisa menggunakan kompor gas saat listrik padam, jadi Anda tidak perlu khawatir mencari cara lain untuk memasak.

2. Panas tidak merata

Keluhan umum lainnya tentang kompor listrik adalah tidak mendistribusikan panas secara merata. Secara khusus, kompor listrik yang memiliki gulungan yang tidak rata dapat memberikan suhu yang tidak konsisten di seluruh permukaan.

Baca juga: Modena Luncurkan Kompor Terinspirasi Iron Man

Hasil memasak biasanya terpengaruh karena makanan bisa gosong di beberapa area dan tetap kurang matang di area lain. Kompor gas biasanya menghasilkan suhu yang lebih merata di seluruh tungkunya.

3. Waktu pemanasan lebih lama

Kompor listrik biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk memanaskan daripada yang menggunakan kompor gas. Dengan kompor gas, nyala api muncul seketika sehingga tungku menjadi cukup panas untuk memasak dengan sangat cepat.

Halaman:
Sumber Hunker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.