Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2022, 20:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik dan kompor induksi semakin populer. Selain lebih aman, penggunaan kompor listrik dan kompor induksi juga lebih hemat energi.

Dikutip dari Femina India, Sabtu (24/9/2022), bagian atas kompor induksi menggunakan listrik menggunakan induksi magnet yang secara langsung memanaskan peralatan masak. Itu tidak menggunakan konduksi termal untuk memasak dan karenanya tidak ada api.

Karena kompor induksi langsung memanaskan peralatan masak, ada pemanasan instan yang mengurangi waktu memasak.

Baca juga: Mengenal Kompor Induksi, Kelebihan dan Kelemahannya

Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.Dok. Shutterstock/ Proxima Studio Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.

Setelah kompor dimatikan, peralatan menjadi dingin hampir seketika. Namun, dengan setiap kemajuan dalam teknologi, ada beberapa instruksi yang perlu diikuti.

Berikut beberapa tips aman memasak dengan kompor induksi.

1. Gunakan peralatan masak khusus untuk kompor induksi

Sebagian besar peralatan dapur seperti stainless steel aman digunakan untuk memasak dengan kompor induksi. Anda harus yakin bahwa peralatan masak yang digunakan aman untuk kompor induksi dan memiliki dasar yang rata.

Peralatan masak yang aman untuk kompor induksi mengandung partikel besi yang diaktifkan untuk membentuk panas saat berinteraksi dengan pemanas induksi. Gunakan peralatan masak yang halus dan rata untuk pengalaman yang lebih baik.

Baca juga: Simak, Ini Cara Aman Membersihkan Kompor Listrik

2. Jangan panaskan panci terlebih dahulu

Seringkali, orang memiliki kebiasaan untuk meletakkan alat di atas kompor untuk memanaskan sambil mengiris sayuran. Tetapi Anda tidak dapat melakukan ini dengan kompor induksi.

Peralatan masak kompor induksi akan panas dalam waktu 15 detik setelah menerima panas. Jadi, hindari meletakkan peralatan masak dalam waktu lama untuk mencegah minyak terbakar dan sayuran hangus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com