Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Durasi Waktu Anjing Peliharaan Berolahraga dan Jalan-jalan

Kompas.com - 11/09/2022, 07:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa anjing membutuhkan olahraga, bahkan dalam jumlah banyak dan rutin.

Namun, bila anjing tidak membakar energi atau berjalan-jalan, ini bisa membuatnya stres dan berperilaku destruktif atau merusak untuk mengalihkan energinya seperti menggali halaman, berlarian setelah mandi, serta merusak furnitur di rumah

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Anjing-anjing Corgi Peliharaan Ratu Elizabeth II

Bahkan orang pernah berspekulasi bahwa Dormie, anjing yang pernah diadili secara harfiah untuk pembunuhan kucing pada 1921, tidak mendapat cukup waktu untuk berjalan. 

Namun, berapa lama dan sering harus mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan? 

Dilansir dari Mental Floss, Minggu (11/9/2022), sebagai aturan umum, 20-30 menit aktivitas sekali atau dua kali sehari sudah cukup untuk banyak anjing berolahraga atau jalan-jalan.

Meski toleransi latihan dapat bervariasi, tergantung pada jenis dan usia, sebagian besar anjing peliharaan akan mendapat manfaat berjalan setengah jam yang baik. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Membantu Tugas Militer

Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalanUnsplash/Wade Lambert Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalan
Namun, ras anjing yang lebih besar memerlukan sedikit lebih banyak aktivitas hingga 45 menit, terutama jika mereka dibiakkan untuk hal tersebut seperti anjing Greyhound. 

Mereka mungkin tidak menjaga kecepatan dengan baik, tetapi anjing yang lebih besar membutuhkan latihan untuk menjaga persendian dan tulang tetap sehat. 

Walau aturan itu mencakup banyak ras, anjing tertentu mungkin lebih mudah menerima durasi lebih lama.

Jika anjing peliharaan adalah jenis olahraga, anjing penjaga, atau pekerja seperti Labrador retriever, Siberian husky, Doberman, serta German shepherd pertimbangkan mengajak anjing berolahraga atau jalan-jalan selama 60-90 menit setiap hari. 

Baca juga: Mengenang Perjalanan Cinta Ratu Elizabeth II dan Anjing Corgi

Beberapa anjing mendapat manfaat dari dua jam latihan atau jalan-jalan meski pemiliknya tidak selalu dapat mengakomodasi mereka. 

Anjing adalah komunikator cukup baik dalam hal tingkat energi. Jika seekor anjing ingin pergi bahkan setelah berjalan-jalan, artinya Anda perlu meningkatkan aktivitas mereka.

Sebaliknya, bila anjing peliharaan tampak lelah karena sudah berusia tua, jangan biarkan mereka melakukan latihan secara berlebihan.

Selain itu, Anda harus membiarkan anjing peliharaan bergerak dengan kecepatannya sendiri. Anak anjing mungkin cepat lelah, sedangkan anjing dewasa yang kuat ingin melakukan sedikit lari cepat. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Corgi, Si Kecil Kesayangan Ratu Elizabeth II

Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahragaUnsplash/Andriyko Podilnyk Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahraga
Jika belum mengajak anjing peliharaan berolahraga secara teratur, ingatlah mengajaknya latihan singkat pada awalnya untuk membangun toleransi latihan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com