Kompas.com - 13/08/2022, 12:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus biasa disemarakkan dengan mengibarkan bendera merah putih. Ini termasuk mengibarkan bendera merah putih di tiang di halaman rumah.

Sebagian besar bendera yang dipasang di luar ruangan terbuat dari bahan yang cenderung kokoh dan tahan cuaca. Akan tetapi, bendera bisa menjadi kotor karena tertiup angin, terpapar debu, atau terlalu lama disimpan.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Sabtu (13/8/2022), banyak bendera terbuat dari bahan nilon. Kain polimer sintetis ini tidak mudah pudar di bawah sinar matahari dan tahan terhadap kelembapan dengan baik, tetapi panas langsung dapat menyebabkannya meleleh.

Baca juga: Sambut 17 Agustus, Ini Cara Mencuci Bendera agar Tak Luntur

Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.UNSPLASH/MUFID MAJNUN Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.

Bendera nilon biasanya dapat dicuci dengan mesin, tetapi harus berhati-hati agar warna tidak luntur dan menghindari kerusakan akibat panas.

Nah, bagaimana cara mencuci bendera merah putih dengan menggunakan mesin cuci secara aman? Berikut penjelasannya.

Pertama, rawat semua noda pada bendera dengan penghilang noda yang tidak mengandung pemutih. Gosokkan penghilang noda ke noda dan biarkan meresap selama lima menit, atau seperti yang diinstruksikan pada label.

Tempatkan bendera di mesin cuci. Atur mesin ke pencucian air dingin dan bilas dengan siklus halus atau lembut.

Baca juga: Gunakan Soda Kue untuk Mencuci Pakaian, Ini Manfaatnya

Air hangat atau panas dapat menyebabkan warna bendera luntur.

Tambahkan deterjen ringan setelah mesin cuci terisi air. Tutup pintu mesin cuci dan biarkan siklus mesin cuci berjalan seperti biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.